In-depth

5 Laga Horor Juventus Bulan Februari Jadi Neraka bagi Andrea Pirlo

Minggu, 31 Januari 2021 16:18 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Daniele Badolato - Juventus FC via Getty Images
Andrea Pirlo akan menghadapi tantangan besar saat Juventus memasuki bulan Februari 2021. Copyright: © Daniele Badolato - Juventus FC via Getty Images
Andrea Pirlo akan menghadapi tantangan besar saat Juventus memasuki bulan Februari 2021.

INDOSPORT.COM - Andrea Pirlo dihadapkan pada tantangan besar ketika nanti klub Serie A Liga Italia, Juventus, mengarungi bulan Februari dengan deretan laga horor, krusial, dan pastinya menguras tenaga.

Si Nyonya Tua menutup Januari 2021 dengan pencapaian yang cukup lumayan. Hingga tulisan ini dibuat, mereka bertengger di peringkat tiga klasemen sementara Serie A Liga Italia dengan 39 poin dari 19 pertandingan.

Sampdoria adalah ‘korban’ terakhir Bianconeri yang baru saja dibekuk dengan skor 0-2. Dua gol yang diciptakan kubu pemenang berasal dari sumbangsih Federico Chiesa dan Aaron Ramsey.

Ketika di level liga Juventus berhasil membayangi Inter Milan dan AC Milan, hasil tidak kalah memuaskan juga mereka raih di ajang Coppa Italia, yakni menghajar SPAL 4-0 di fase perempatfinal.

Hasil tersebut membuat Juventus berhak melaju ke semifinal yang menurut jadwal akan dihelat pada bulan Februari ini. Calon lawannya pun tidak main-main, yakni Inter Milan.

Lalu beranjak ke pencapaian individu pemain. Juventus dan Andrea Pirlo dalam hal ini tentu patut berbangga dengan catatan yang ditorehkan Cristiano Ronaldo di daftar top skor sementara Serie A Liga Italia 2020-2021.

Ronaldo saat ini berada di puncak dengan total 15 gol dari 16 penampilan. Perlu diketahui, tidak ada pemain Juventus lain yang nyaris menyamai atau bahkan mendekati angka tersebut kecuali Fecerico Chiesa (6 gol).

Dari pencapaian-pencapaian tersebut di atas, rasanya Juventus bisa menyambut bulan Februari ini dengan tren positif. Namun tantangan besar sudah menanti di depan mata sehingga Juventus dan Andrea Pirlo sebaiknya mempersiapkan diri.

Setidaknya ada lima jadwal pertandingan yang akan membuat Pirlo merasakan panasnya 'neraka' sepak bola Italia sebagai seorang pelatih. Tantangan pertama adalah menghadapi Inter Milan di semifinal Coppa Italia.

Seperti diketahui, Nerazurri jelas bukan lawan yang receh-receh bagi Juventus, terutama setelah skuat asuhan Antonio Conte tersebut membabat AC Milan di perempatfinal Coppa Italia beberapa waktu lalu.

Bianconeri tentu harus memanfaatkan leg pertama pada 3 Februari untuk unggul terlebih dahulu sebelum menjamu Nerazzurri di leg kedua sepekan kemudian yakni 10 Februari.

Tapi nanti dulu, di tengah-tengah jadwal semifinal Coppa Italia, Juventus ternyata harus menghadapi perlawanan tim besar lainnya, AS Roma, dalam pertandingan liga yang bakal digelar pada 7 Februari. Sungguh ketat.

Belum cukup sampai di situ, pada 14 Februari Cristiano Ronaldo dkk dijadwalkan berjumpa Napoli di Serie A Liga Italia. Lalu pada 18 Februari mereka akan berlaga di leg pertama 16 besar Liga Champions kontra Porto.

Membayangkan betapa mengerikannya jadwal pertandingan Juventus pada setengah bulan Februari saja sudah membuat para penggemar menelan ludah, apalagi seorang Andrea Pirlo yang harus membimbing timnya melalui itu semua.

Awal kepelatihan Pirlo di Juventus memang sempat mengundang tanda tanya dan kerutan di dahi publik, suporter, pandit, maupun penikmat sepak bola. Ia memang pernah berjaya sebagai pemain, namun pelatih adalah profesi anyar yang baru saja digelutinya.

Musim ini, Juventus memang mencatatkan hasil imbang yang cenderung lebih banyak ketimbang rival-rival beratnya di Serie A Liga Italia, yang berakibat terhambatnya laju mereka menuju puncak klasemen.

Meski usaha Pirlo untuk membuktikan dirinya layak menjadi pelatih Juventus sudah berbuah cukup manis, pada kenyataannya belumlah cukup. Mungkin jadwal horor Bianconeri pada bulan Februari bisa jadi ujian terbesarnya.

Ia mungkin sudah sangat sering mengalami ‘neraka’ saat masih aktif bermain, naik turun performa tim pun pasti telah dirasakannya. Akan tetapi, ‘neraka’ sebagai pelatih akan jadi tantangan sekaligus cobaan berat yang harus dilalui demi meraih pengakuan.

Memang, ada banyak faktor dan indikator untuk mengukur kemampuan seorang pelatih, namun publik setidaknya perlu melihat bagaimana Pirlo menangani situasi-situasi sulit, salah satunya jadwal horor Juventus di laga-laga besar.

Tentu patut dinanti akan seperti apa sepak terjang Juventus bulan Februari ini. Sudah siapkah, Andrea Pirlo?