Liga Inggris

Sejumlah Rekor 'Serba 5' Liverpool Saat Hadapi Manchester City

Minggu, 7 Februari 2021 16:56 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Peter Powell - Pool/Getty Images
Berkut sejumlah rekor 'serba lima' Liverpool saat berjumpa Manchester City. Copyright: © Peter Powell - Pool/Getty Images
Berkut sejumlah rekor 'serba lima' Liverpool saat berjumpa Manchester City.

INDOSPORT.COM - Berkut sejumlah rekor tuan rumah yang bakal menghiasi pertandingan Liga Inggris Liverpool vs Manchester City di Anfield, Minggu (07/02/21) malam WIB.

Sesuai jadwal, The Reds yang belakangan ini sedang mengalami tren kurang konsisten akan menjamu sang lawan di Anfield, tempat yang terkenal angker bagi sebagian rivalnya. The Citizens saja menemui kesulitan menang di sini.

Namun terlepas dari itu, hal terpenting yang harus dilakukan The Reds adalah memenangkan pertandingan demi menjaga posisi mereka di klasemen sementara Liga Inggris 2020-2021, terutama agar tidak mudah melorot dan terdepak dari empat besar.

Sampai tulisan ini dibuat, Liverpool berada di peringkat empat dengan perolehan 40 poin dari 22 laga, sedangkan sang lawan masih betah sebagai pemuncak dengan 47 poin dari 21 laga. Secara angka, Manchester City sedang di atas angin.

Meski begitu, skuat asuhan Pep Guardiola tidak boleh jemawa, apalagi jika melihat catatan tandang mereka di Anfield. Kapan Manchester City terakhir menang di kandang Liverpool? 18 tahun lalu yakni pada 2003.

Sejak saat itu, mereka telah mengalami 13 kekalahan dari 19 pertandingan yang dimainkan di sana, di semua kompetisi. Oleh karenanya, duel nanti malam akan sangat penting bagi Manchester City untuk memutus catatan buruk tersebut.

Nah, untuk memeriahkan pertemuan dua tim papan atas Liga Inggris ini, berikut redaksi berita olahraga INDOSPORT rangkum dari berbagai sumber, sejumlah rekor ‘serba lima’ yang mewarnai perjalanan Liverpool selama berjumpa Manchester City.

5 Kemenangan Terbesar

Terjadi terakhir kali pada 28 Oktober 1995. Liverpool menang besar-besaran dengan skor 6-0 atas Manchester City di Anfield, di ajang Liga Inggris.

Para pemain The Reds yang membantu mewujudkan hal tersebut adalah Ian Rush (dua gol), Jamie Redknapp, Robbie Fowler (dua gol), dan Neil Ruddock.

Berikut lima kemenangan terbesar yang pernah diraih Liverpool saat melawan Manchester City:

Liverpool 6-0 Manchester City (28 Oktober 1995)

Liverpool 5-0 Manchester City (10 April 1982)

Liverpool 4-0 Manchester City (1 Maret 1902)

Liverpool 4-0 Manchester City (5 November 1949)

Liverpool 4-0 Manchester City (16 April 1974)

5 Kekalahan Terbesar

Jika ada rekor kemenangan terbesar, tentu tidak lengkap rasanya jika tidak membahas kekalahan terbesarnya juga. Sehebat apa pun Liverpool, mereka ternyata pernah kalah besar-besaran juga dari Manchester City. Tidak tanggung-tanggung, yakni enam gol tanpa balas.

Peristiwa tersebut terjadi pada 11 September 1935 di ajang Divisi Pertama. Mereka yang membawa petaka bagi The Reds saat itu adalah Jimmy Heale (dua gol), Ernie Toseland (dua gol), Alex Herd, dan Matt Busby.

Berikut lima kekalahan terbesar yang pernah dirasakan Liverpool saat melawan Manchester City:

Liverpool 0-6 Manchester City (11 September 1935)

Liverpool 1-6 Manchester City (26 Oktober 1929)

Liverpool 0-5 Manchester City (17 Januari 1925)

Liverpool 0-5 Manchester City (26 Maret 1937)

Liverpool 0-5 Manchester City (9 September 2017)

5 Pemain Liverpool dengan Penampilan Terbanyak

Steven Gerrard (26 penampilan)

Ian Callaghan (25 penampilan)

Ray Clemence (25 penampilan)

Emlyn Hughes (25 penampilan)

Jamie Carragher (25 penampilan)

5 Pemain Liverpool dengan Gol Terbanyak

Ian Rush (15 gol)

Kenny Dalglish (11 gol)

Gordon Hodgson (11 gol)

Sam Raybould (8 gol)

Bobby Graham (7 gol)

Demikian sejumlah rekor ‘serba lima’ Liverpool saat menghadapi Manchester City. Apakah The Citizens akan unggul dari sang tuan rumah kali ini, usai pertemuan terakhir mereka di ajang liga berakhir imbang 1-1 November lalu?