Bola Internasional

Kabar Alen Halilovic, Messi Kroasia yang Dibuang Barcelona dan AC Milan

Rabu, 17 Februari 2021 15:23 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Matteo Ciambelli/NurPhoto via Getty Images
Alen Halilovic, pemain berjuluk Messi Kroasia yang pernah gagal di Barcelona dan AC Milan. Copyright: © Matteo Ciambelli/NurPhoto via Getty Images
Alen Halilovic, pemain berjuluk Messi Kroasia yang pernah gagal di Barcelona dan AC Milan.

INDOSPORT.COM - Mengingat kembali sosok Messi Kroasia yang sempat gagal membina karier di Barcelona dan AC Milan, Alen Halilovic.

Bagi sebagian orang, nama Alen Halilovic mungkin terdengar kurang familier, namun tidak bagi para suporter di klub-klub yang pernah ia bela.

Selain Barcelona dan AC Milan, pemain kelahiran 18 Juni 1996 tersebut tercatat pernah berseragam Dinamo Zagreb, Hamburger SV, Sporting Gijon, Las Palmas, Standard Liege, Heerenveen. Sekilas terdengar cukup beragam, kan?

Ya, Alen Halilovic bisa disebut sebagai pengembara di usianya yang masih relatif muda. Hanya saja, ia beberapa kali pergi sebagai pemain pinjaman ke klub lain.

Padahal, dahulu ia digadang-gadang sebagai Lionel Messi-nya Kroasia, bahkan sempat menggegerkan publik ketika debut di ajang Liga Champions saat masih berusia 16 tahun pada 24 Oktober 2012.

Saat itu, Halilovic berseragam Dinamo Zagreb dan masuk sebagai pemain pengganti Mateo Kovacic. Sontak saja, ia lagsung mencetak rekor sebagai pemain termuda sepanjang sejarah klub yang tampil di Liga Champions.

Bak Lionel Messi yang tampil trengginas dan memukau saat remaja, Halilovic terus-terusan membuat publik penasaran dengan eksistensinya di dunia si kulit bundar.

Nah, tampil termuda di Dinamo Zagreb saat berlaga di Liga Champions ternyata belum seberapa. Di level Timnas, pemuda asal Dubrovnik tersebut sudah dipanggil ke level senior ketika usianya masih 16 tahun menuju 17.

Sebelumnya pun, ia sudah membela Timnas di segala kelompok umur seperti U-14, U-15, U-16, U-17, dan U-21. Lagi-lagi, Halilovic memecahkan rekor, kali ini jadi debutan termuda sepanjang sejarah Kroasia.

Memang benar-benar Messi Kroasia yang satu ini. Hingga pada akhirnya, Barcelona mencium talenta Halilovic dan berhasrat memboyongnya untuk dijadikan salah satu aset berharga mereka.