In-depth

Barcelona Masih Bisa Remontada, Ronald Koeman kok Sudah Nyerah?

Kamis, 18 Februari 2021 19:41 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Lukas Schulze - UEFA/UEFA via Getty Images
Alih-alih menyerah, Ronald Koeman seharusnya memberikan keyakinan kepada skuad karena Barcelona punya sejarah manis Remontada di Liga Champions atas PSG. Copyright: © Lukas Schulze - UEFA/UEFA via Getty Images
Alih-alih menyerah, Ronald Koeman seharusnya memberikan keyakinan kepada skuad karena Barcelona punya sejarah manis Remontada di Liga Champions atas PSG.

INDOSPORT.COM - Alih-alih menyerah, Ronald Koeman seharusnya memberikan keyakinan kepada skuad karena Barcelona punya sejarah manis Remontada di Liga Champions atas PSG. 

Raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona, harus menelan pil pahit setelah dibantai dengan skor telak 1-4 oleh tamunya Paris Saint-Germain di laga babak 16 besar Liga Champions Eropa, Rabu (17/02/21) dini hari WIB. 

Meski unggul duluan lewat penalti Lionel Messi, Blaugrana kemudian diberondong empat gol dari hattrick Kylian Mbappe dan satu gol Moise Kean. Kekalahan telak itu jelas mempersulit langkah Barcelona untuk lolos ke babak selanjutnya. 

Hal itu ternyata diamini betul oleh pelatih Blaugrana, Ronald Koeman. Entrenador asal Belanda itu begitu pesimistis setelah mengetahui hasil akhir pertandingan. 

“Normalnya, kekalahan 1-4 itu sulit. Saya bisa berbohong pada kalian semua, tetapi faktanya kekalahan 1-4 di kandang sendiri, hanya ada sedikit peluang untuk lolos,” ujar Ronald Koeman dikutip Goal International, Rabu (17/02/21).

© Twitter @PSG_English
Kylian Mbappe merayakan gol penyama kedudukan dalam pertandingan Barcelona vs PSG Copyright: Twitter @PSG_EnglishKylian Mbappe merayakan gol penyama kedudukan dalam pertandingan Barcelona vs PSG

Ucapan Ronaldo Koeman itu memang jujur, tapi di sisi lain hal tersebut sejatinya tidak perlu diungkapkan oleh Koeman di depan media. Bagaimana mungkin para pemain Barcelona bisa bangkit jika pelatihnya saja sudah menyerah lebih dulu. 

Dalam sepak bola, segalanya masih mungkin terjadi. Alih-alih menyerah, Koeman seharusnya tetap optimistis dan tidak menimbulkan kepanikan di dalam skuad. 

Hal tersebut bukan tanpa alasan. Tim yang dilatih Ronald Koeman saat ini adalah Barcelona. 

Barca memiliki sejarah panjang di Liga Champions Eropa. Seperti apapun kondisi tim, mereka memiliki mental dan DNA untuk selalu selalu mengincar tempat tertinggi di Eropa. 

Saat ini bukan saatnya bagi tim untuk menyerah. Apalagi, Barcelona punya sejarah bagus kala berjumpa PSG.