Liga Indonesia

Punya Peralatan Gym Mudahkan Bali United Latihan Strength di Lapangan

Kamis, 18 Februari 2021 07:42 WIB
Kontributor: Nofik Lukman Hakim | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Yogi Nugraha, pelatih fisik Bali United. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Yogi Nugraha, pelatih fisik Bali United.

INDOSPORT.COM – Bali United melakukan program latihan strength di Lapangan Karya Manunggal, Sidakarya, Denpasar. Serdadu Tridatu memboyong seluruh peralatan gym ke lapangan lantaran belum bisa latihan di dalam ruangan.

Latihan strength atau penguatan otot menjadi salah satu materi yang biasanya dilakukan di luar lapangan. Bali United dalam beberapa tahun rutin melakukan latihan strength di Rai Fitnes, Kuta, Badung.

Namun, pada masa pandemi Bali United melakukan seluruh kegiatan di ruang terbuka. Termasuk latihan strength. Cara konkret pun dilakukan. Mereka membawa seluruh peralayan gym ke lapangan. Peralatan gym sengaja dibeli Bali United untuk mendukung latihan strength di ruang terbuka.

"Ini memang beda dari sebelumnya dimana kita latihan strength di indoor, sekarang outdoor. Sejak awal latihan kita menggunakan protokol kesehatan, bagaimana untuk jaga jarak. Kita gunakan protokol kesehatan sesuai arahan PSSI," ucap Pelatih Fisik Bali United, Yogi Nugraha, Rabu (17/2/21).

Yogi melihat para pemain mulai ada progres, terutama dari segi fisik. Eks pelatih fisik Persija ini menilai kondisi fisik para pemain ada penurunan ketika pertama mengikuti latihan pada 8 Januari lalu.

"Beberapa pemain pada pekan kedua ini sudah lebih bagus dari pertama kali datang. Penurunan terjadi karena banyak tidak melakukan aktivitas. Tidak adanya kompetisi pasti berdampak pada pemain, semua elemen yang berhubungan dengan tim," tutur Yogi.

Beberapa pemain saat ini masih belum datang. Salah satunya Leonard Tupamahu yang masih mengikuti kursus pelatih lisensi B AFC di Batu, Malang. Willian Pacheco juga masih menjalani program dengan dokter tim karena cedera.

"Idealnya pemain yang sekarang belum ada, seperti Leo yang masih ikut kursus, ketika nanti sudah selesai dan gabung tim harus ada latihan ekstra dengan pelatih fisik," jelas Yogi.