Bola Internasional

Curhat Pemain Garuda Select 3: Ada yang Homesick sampai Belajar Finansial

Rabu, 24 Februari 2021 14:45 WIB
Penulis: Martini | Editor: Pipit Puspita Rini
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Jelang tiga bulan skuat Garuda Select menimba ilmu sepak bola di Inggris, beberapa pemain mengaku mulai merasakan rindu dengan suasana rumah atau homesick. Bagaimana kisah mereka?

Jauh dari keluarga di usia muda tentu tidak mudah. Bahkan, segala kebutuhan pribadi mulai dari mengatur keuangan, membeli kebutuhan sehari-hari, hingga mencuci pakaian juga harus dilakukan sendiri. 

Begitulah gambaran mengenai rutinitas para pemain Garuda Select di luar waktu latihan dan pertandingan. Beberapa pemain turut menceritakan pengalaman hidup jauh dari keluarga dan harus mandiri di usia muda.

"Untuk saya pribadi, pastinya ini adalah hal yang baru. Apalagi harus jauh dari orang tua, semuanya harus diurus sendiri," ujar kiper andalan Garuda Select, Adre Arido Geovani.

"Belum lagi ketika kondisi badan drop karena lelah, saya jadi kadang sedih dan teringat rumah (homesick). Tetapi, semua harus tetap dijalani dengan semangat," ujar pemain jangkung dengan tinggi 187 cm tersebut.

Jika Adre Arido memang belum pernah jauh dari keluarga, beda halnya dengan bek muda Garuda Select 3, Muhammad Faqih Maulana, yang sebelumnya sudah pernah merantau untuk memperkuat Bhayangkara FC U-16.

"Tantangannya mungkin hanya bagaimana mengatur keuangan, karena di usia seperti saya tentu banyak keinginan yang harus diatur," ucap Muhammad Faqih Maulana curhat.

"Kalau soal tinggal jauh dari rumah, sudah agak terbiasa karena dulu pernah delapan bulan tingal di mess jadi agak terbiasa mencuci sendiri dan sebagainya," uajr Faqih lagi.