Liga Inggris

5 Alumni Akademi City yang Bersinar di Klub Lain, Ada yang Jadi Juara Liga Inggris

Minggu, 7 Maret 2021 15:51 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Alexandre Simoes/Borussia Dortmund via Getty Images
Berikut ini 5 alumni akademi Manchester City yang bersinar di klub lain. Salah satunya bahkan sukses menjadi juara Liga Inggris. Copyright: © Alexandre Simoes/Borussia Dortmund via Getty Images
Berikut ini 5 alumni akademi Manchester City yang bersinar di klub lain. Salah satunya bahkan sukses menjadi juara Liga Inggris.

INDOSPORT.COM – Berikut ini 5 alumni akademi Manchester City yang bersinar di klub lain. Salah satunya bahkan sukses menjadi juara Liga Inggris.

Manchester City menjelma menjadi tim superkaya sejak diambil alih oleh Sheikh Mansour pada 2008. Sejak saat itu, mereka sukses meraih sejumlah gelar termasuk 4 titel Liga Inggris, 2 Piala FA, dan 5 Piala Liga Inggris.

Musim ini The Citizens bahkan berpeluang meraih 4 gelar. Mereka memuncaki Liga Inggris dengan unggul 14 poin dari Manchester City, lolos ke final Piala Liga, unggul 2-0 atas Borussia Monchengladbach di leg pertama 16 besar Liga Champions, dan akan bertemu Everton di 8 besar Piala FA.

Di sisi lain, Manchester City justru kerap mengalami kerugian dalam hal pengembangan pemain muda. Kebiasaan mendatangkan pemain mahal membuat pemain asli akademi City tak mendapatkan kesempatan, sehingga akhirnya hengkang.

Sejumlah pemain itu kemudian mendapatkan kesuksesan dan menjadi andalan di klub baru masing-masing. Salah satunya bahkan kemudian sukses menjadi juara Liga Inggris.

Siapa saja para alumni akademi Manchester City yang bersinar di klub lain? Berikut ini ulasannya:

Jadon Sancho

Nama pertama sekaligus kehilangan terbesar The Citizens adalah Jadon Sancho. Bergabung dengan City sejak usia 15 tahun, Sancho memilih hengkang ke Borussia Dortmund pada 2017 di usia 17 tahun tanpa sekalipun tampil bersama tim utama City karena minimnya kesempatan.

Bersama Dortmund, Jadon Sancho menjelma menjadi salah satu pemain muda terbaik dunia. Memasuki musim keempat, ia sudah tampil 130 kali dan mencetak 46 gol serta 60 assist dan membantu menjuarai Piala Super Jerman. Kegemilangannya membuat ia menjadi incaran sejumlah tim, khususnya MU.

Daniel Sturridge

© Getty Images
Gol Sturridge Copyright: Getty ImagesDaniel Sturridge

Daniel Sturridge bergabung dengan akademi City pada tahun 2003 di usia 13 tahun. Tampil gemilang di tim muda, ia menjalani debut di tim utama pada 2007. Rangkaian cedera dan minimnya kesempatan membuat Sturridge hengkang ke Chelsea pada 2009 setelah hanya tampil 32 kali dalam 3 musim untuk City.

Empat musim di Chelsea, Daniel Sturridge meraih 1 trofi Liga Champions, 1 Liga Inggris, dan 2 Piala FA. Ia kemudian pindah ke Liverpool dan kembali meraih juara Liga Champions 2018/2019. Sayangnya, performanya menurun karena serangkaian cedera sebelum akhirnya dilepas.