In-depth

Ketika Anfield Jadi Kuburan Baru untuk Liverpool

Senin, 8 Maret 2021 11:22 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Richard Sellers/Soccrates/Getty Images
Dulu menjadi benteng kokoh, kini Stadion Anfield menjelma menjadi kuburan baru bagi tim Liverpool di Liga Inggris. Copyright: © Richard Sellers/Soccrates/Getty Images
Dulu menjadi benteng kokoh, kini Stadion Anfield menjelma menjadi kuburan baru bagi tim Liverpool di Liga Inggris.

INDOSPORT.COM - Dulu menjadi benteng kokoh, kini Stadion Anfield menjelma menjadi kuburan baru bagi tim Liverpool di Liga Inggris.

Liverpool lagi-lagi harus menelan kekalahan pahit di liga setelah dipermalukan Fulham 1-0 di Anfiled pada laga lanjutan pekan ke-28 Liga Inggris 2020-2021. 

Ini adalah kekalahan keenam beruntun yang diderita The Reds di Anfield. Parahnya, hasil ini didapat saat meladeni tim zona degradasi. 

Dengan hasil ini, Liverpool makin terpuruk di klasemen Liga Inggris. Mohamed Salah dkk tercecer di peringkat ketujuh klasemen dengan 42 poin dari 28 laga. 

Jika ditotal, Liverpool sudah menderita 9 kekalahan sejauh ini di Liga Inggris. Penampilan tersebut jelas berbanding terbalik dengan performa mereka pada musim lalu. 

Pada laga memalukan di Anfield ini, Liverpool pun langsung mencatatkan sejumlah catatan buruk. Salah satu yang paling jadi sorotan adalah rekor mereka di kandang, Stadion Anfield.

Kekalahan atas Fulham memperpanjang catatan beruntun tanpa kemenangan Liverpool di Anfield. Saat ini The Reds memiliki rekor tak pernah menang di Anfield dalam delapan laga beruntun. 

Rinciannya Liverpool menderita enam kekalahan dan cuma meraih dua imbang. Catatan ini adalah yang terburuk selama hampir 70 tahun terakhir. 

Terakhir kali Liverpool mencatatkan rekor lebih buruk dari ini adalah pada musim 1953/54 ketika mereka gagal meraih kemenangan di 10 laga kandang beruntun. 

Selain itu, kekalahan Liverpool atas Fulham menciptakan rekor anyar di mana untuk kedua kalinya setelah musim 1953/54, Liverpool menderita enam kali beruntun di kandang.

Rentetan kekalahan ini dimulai saat mereka kalah dari Burnley (0-1) lalu berlanjut ke Brighton (0-1), Man City (1-4), Everton (0-2), Chelsea (0-1), dan terakhir Fulham (0-1). 

Dalam catatan tersebut, Liverpool cuma mampu mencetak satu gol dan kebobolan sebanyak 10 kali. Sebuah torehan yang sangat memalukan bagi tim sebesar Liverpool yang menyandang status juara bertahan.