In-depth

4 Catatan Spesial Liverpool Usai Singkirkan RB Leipzig di Liga Champions

Kamis, 11 Maret 2021 10:42 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Terselip empat catatan spesial Liverpool usai sanggup menyingkirkan RB Leipzig dari babak 16 besar Liga Champions 2020-2021.

Liverpool sukses mengalahkan tamunya, RB Leizpig, dalam lanjutan leg kedua babak 16 besar Liga Champions Eropa. Bermain di kandang Stadion Anfield, Mohamed Salah dkk menang dengan skor meyakinkan 2-0.

Sejak babak pertama dimulai, Liverpool yang unggul agregat dua gol ini pun tak begitu saja bertahan. Malahan The Reds nampak mengancam pertahanan RB Leipzig di 10 menit pertama.

Dalam laga ini, Sadio Mane dan Mo Salah menjadi aktor utama yang mencetak gol ke gawang Leipzig. Kemenangan ini otomatis mengantar The Reds lolos ke babak perempatfinal dengan keunggulan agregat 4-0. 

Kemenangan ini begitu besar artinya bagi Liverpool. Sebab, mereka tengah terluka parah di Liga Inggris. 

Dalam laga melawan RB Leipzig, Liverpool sukses mencatatkan sejumlah catatan positif. Apa saja itu? Berikut ulasan lengkapnya. 

1. Mohamed Salah Raja Gol

Penyerang sayap Liverpool, Mohamed Salah, kembali mencatatkan prestasi gemilang di Liverpool. Tercatat, tak ada satu pun pemain Liga Inggris musim ini yang mencetak lebih banyak gol dari Mohamed Salah di seluruh kompetisi. 

Total, penyerang 28 tahun itu telah menorehkan 25 gol di seluruh kompetisi musim ini. Rinciannya, 17 gol di Liga Inggris, 4 gol di Liga Champions, dan 3 gol di Piala FA. 

Performa Mohamed Salah kembali mengalami peningkatan pada musim ini setelah sempat tersendat pada musim lalu. Sayangnya, penampilan impresif Salah tak diimbangi dengan performa Liverpool musim ini.  

Salah satu penyebabnya adalah menurunnya performa penyerang lain di tim Liverpool, Sadio Mane dan Roberto Firmino. 

2. Sadio Mane Jagoan Knock Out

Meski tidak sedang dalam musim terbaiknya, namun Sadio Mane menorehkan prestasi tersendiri musim ini. Tercatat hanya Cristiano Ronaldo (13 gol) yang mencetak gol lebih banyak dari Sadi Mane sejak pemain asal Senegal itu debut di Liga Champions pada musim 2017/18 bersama Liverpool.

Saat ini Sadio Mane mengoleksi 12 gol babak knock out Liga Champions Eropa. Salah satu pencapaian besarnya tentu saja saat membawa Liverpool tembus dua kali di final Liga Champions (2017/18 dan 2018/19). 

Sadio Mane telah menjadi figur penting dalam perjalanan Liverpool di tangan Jurgen Klopp. Pemilik nomor 10 di skuad The Reds ini total telah membukukan 92 gol dan 39 assist dari 205 pertandingan di semua kompetisi untuk Liverpool.