In-depth

5 Fakta Angelo Gabriel, Wonderkid Santos yang Jadi Rebutan Liverpool dan Real Madrid

Minggu, 14 Maret 2021 11:10 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Angelo Gabriel jadi perbincangan usai diklaim jadi rebutan Liverpool dan Real Madrid. Berikut 5 fakta tentang wonderkid 16 tahun milik Santos tersebut.

Berstatus sebagai juara bertahan, Liverpool justru tampil buruk di Liga Inggris. Rangkaian 5 kekalahan beruntun di kandang sendiri membuat mereka terdampar di peringkat 8 klasemen sementara.

Situasi ini membuat The Reds mulai berencana mendatangkan sejumlah pemain baru di bursa transfer musim panas, untuk mendongkrak performa mereka musim depan.

Dilansir Daily Mirror, nama terbaru yang masuk incaran Liverpool adalah Angelo Gabriel, wonderkid milik klub Brasil, Santos.

Winger 16 tahun itu memang menjadi perbincangan setelah sukses menembus tim utama Santos di usianya yang masih sangat muda.

Meskipun demikian, upaya The Reds memboyong sang wonderkid di bursa transfer musim panas nanti bukan tugas mudah mengingat mereka harus bersaing dengan Real Madrid yang juga tertarik.

Real Madrid pun punya keunggulan berkat keberadaan Rodrygo Goes. Seperti diketahui, Rodrygo Goes juga merupakan alumni Santos yang diboyong Los Blancos pada usia 18 tahun pada 2019 lalu.

Lantas, siapa sebenarnya Angelo Gabriel sehingga jadi rebutan Liverpool dan Real Madrid. Berikut ini 5 fakta tentang sang wonderkid 16 tahun:

1. Kalahkan Pele di Daftar Pemain Termuda Santos

Angelo Gabriel menjalani debutnya di tim utama Santos pada 25 Oktober 2020 di ajang Serie A Brasil saat menghadapi Fluminense. Meski gagal menyelamatkan timnya dari kekalahan 1-3, Angelo berhasil mencetak sejarah.

Dalam usia 15 tahun, 10 bulan, dan 4 hari, ia resmi menjadi pemain termuda kedua dalam sejarah Santos, menggusur Pele, dengan keunggulan hanya 11 hari. Nama teratas masih dipegang Coutinho (bukan Philippe Coutinho) yang debut pada 1958.

“Rasanya sangat luar biasa tampil di tim senior secepat ini. Ini pengalaman yang sangat penting bagi saya,” kata Angelo kepada laman resmi klub seusai debutnya.

2. Jadi Pemain Termuda Santos di Copa Libertadores

Hanya lima bulan setelah menjalani debutnya bersama tim utama Santos di Serie A Brasil, Angelo diberi kesempatan tampil di ajang Copa Libertadores pada 9 Maret 2021 lalu, dan membantu timnya mengalahkan Deportivo Lara 2-1.

Ia resmi menjadi pemain termuda Santos yang pernah tampil di Copa Libertadores dalam usia 16 tahun, 2 bulan, 16 hari. Angelo menggusur Rodrygo Goes, yang kini membela raksasa LaLiga Spanyol, Real Madrid.