In-depth

Eksodus Pemain PSM Makassar Sudah di Tahap Mengkhawatirkan

Senin, 15 Maret 2021 13:47 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© freepik.com/ksandrphoto/wikipedia
Eksodus pemain yang terjadi di tim Liga 1 2021, PSM Makassar, sudah mulai memasuki tahap mengkhawatirkan. Copyright: © freepik.com/ksandrphoto/wikipedia
Eksodus pemain yang terjadi di tim Liga 1 2021, PSM Makassar, sudah mulai memasuki tahap mengkhawatirkan.

INDOSPORT.COM - Eksodus pemain yang terjadi di tim Liga 1 2021, PSM Makassar, sudah mulai memasuki tahap mengkhawatirkan. Mampukah mereka bertahan?

Penyerang naturalisasi, Ezra Walian, akhirnya resmi meninggalkan PSM Makassar untuk bergabung dengan klub Liga 1 lain, Persib Bandung. Ezra Walian memutuskan hengkang meski kontraknya masih tersisa hingga September 2022. 

Pesepak bola kelahiran 22 Oktober 1997 ini mengaku sangat berat untuk meninggalkan klub kebanggaan publik Sulawesi Selatan pada awal musim 2021.

"Sungguh disayangkan waktu saya di PSM Makassar harus berakhir. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang saya temui selama saya berada di Makassar," lanjut Ezra Walian.

Pernyataan itu pun secara tersirat menggambarkan kondisi PSM saat ini. Seperti diketahui, Ezra hanyalah satu dari banyak pemain yang memutuskan pergi dari PSM Makassar. 

Hengkangnya Ezra Walian membuat lini depan PSM Makassar kian tergerus. Sebelumnya, Pasukan Ramang telah ditinggal oleh Osas Saha, Ferdinand Sinaga, dan Giancarlo Lopes Rodrigues.

Selain Giancarlo Lopes yang berstatus pemain asing, sudah ada dua pemain asing lain yang hengkang dan menemukan klub baru, yakni Hussein El Dor dan Serif Hasic.

Lalu disusul sejumlah pemain lokal seperti Irsyad Maulana, Leo Guntara, dan Firza Andika akibat tidak memperbaharui kontrak. Nama terakhir bahkan baru saja meresmikan kepindahannya ke Borneo FC.

Eksodus pemain di PSM Makassar bisa dibilang sudah di tahap mengkhawatirkan. Wonderkid Asnawi Mangkualam Bahar baru saja dipinang oleh klub K-League 2, Ansan Greeners FC, pada 29 Januari 2021 lalu dengan durasi kontrak dua tahun plus opsi perpanjangan.

Sejumlah pemain lain yang masih bertahan hingga saat ini mulai diisukan tengah didekati klub lain. Salah satunya adalah Rizky Pellu yang dikabarkan dibidik oleh Persib Bandung. 

Adapun sejumlah pemain bintang yang berpeluang besar dicaplok klub lain di antaranya ialah Bayu Gatra, Yakob Sayuri, Miswar Saputra, Rizky Pellu, Firza Andika, hingga wonderkid Rizky Eka Pratama.