In-depth

Duel Antarlini Fiorentina vs AC Milan di Liga Italia: Skuad Pincang Tim Tamu

Minggu, 21 Maret 2021 11:22 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Grafis:Yanto/Indosport.com
Membedah duel antarlini laga seru antara Fiorentina vs AC Milan pada pekan ke-28 Liga Italia, yang dilangsungkan di stadion Artemio Franchi, Senin (22/03/21). Copyright: © Grafis:Yanto/Indosport.com
Membedah duel antarlini laga seru antara Fiorentina vs AC Milan pada pekan ke-28 Liga Italia, yang dilangsungkan di stadion Artemio Franchi, Senin (22/03/21).

INDOSPORT.COM - Laga seru akan tersaji pada pekan ke-28 antara tuan rumah Fiorentina menjamu tim peringkat 2 Liga Italia, AC Milan. Laga ini akan dilangsungkan di Stadio Artemio Franchi, Senin (22/03/21) dini hari WIB.

Fiorentina selaku sang tuan rumah patut waspada kala menjamu AC Milan. Sebab I Rossoneri saat ii memiliki misi bangkit dan meraih tiga poin penuh.

AC Milan melawat ke kandang Fiorentina dengan membawa misi untuk bangkit, setelah mengalami hasil buruk saat kalah 0-1 dari Manchester United di leg kedua babak 16 besar Liga Europa 2020/2021, Sabtu (19/03/21).

Hasil ini menjadi rentetan inkonsistensi yang ditunjukkan oleh Zlatan Ibrahimovic dkk, yakni hanya meraih satu kemenangan, dua hasil imbang dan kekalahan dalam lima laga terakhir.

AC Milan juga semakin jauh dengan Inter Milan selaku pemuncak klasemen sementara Serie A Liga Italia, yakni berada di peringkat pertama dengan 65 poin, atau selisih 10 angka dari pasukan Stefano Pioli.

Apesnya bagi Milan, mereka masih ditinggal sejumlah pemain inti dalam misi kebangkitan ini. Tercatat, tiga pemain pilar plus satu cadangan berhalangan tampil. 

Mereka adalah Mario Mandzukic (cedera), Alessio Romagnoli (cedera), Rafael Leao (cedera), dan Ante Rebic (kartu merah). Sementara di kubu Fiorentina hanya ada satu pemain yang berhalangan tampil, yakni Igor. 

Lalu, bagaimana kedua tim bakal bertarung di laga dini hari nanti? Berikut ini kami siapkan ulasan duel antarlini antara Fiorentina vs AC Milan. 

FORMASI

Fiorentina 3-5-2
AC Milan 4-2-3-1

KIPER

Untuk posisi penjaga gawang kedua tim bisa menurunkan kiper terbaik mereka. Di kubu Fiorentina ada nama Bartlomiej Dragowski yang siap menjaga gawang La Viola. 

Kiper muda 23 tahun ini menjadi pilihan utama Fiorentina sepanjang musim ini. Meski begitu, catatan statistiknya tidak cukup bagus. 

Dragowski sudah kebobolan 42 gol dari 27 laga dan hanya mencatatkan 6 clean sheet. Kualitas pertahanan yang jeblok memang memengaruhi performa dari Dragowski. 

Sementara itu, di kubu AC Milan, pelatih Stefano Pioli kembali akan memainkan Gianluigi Donnarumma. Donnarumma tengah menjalani masa-masa sulit di awal tahun ini. 

Donnarumma cuma mencatatkan satu clean sheet dari liam pertandingan terakhir yang dijalani. Meski hanya kebobolan 4 gol dari 5 laga, namun bola yang masuk ke gawang AC Milan benar-benar membuat mereka gagal meraih tiga poin. 

Meski begitu, jika ditotal, jumlah penyelamatan Donnarumma masih lebih banyak dari Dragowski. Donnarumma sudah mencatatkan 89 clean sheet musim ini, sedikit lebih banyak dari penjaga gawang Fiorentina.  

BELAKANG

Bergeser ke lini belakang, kedua tim Liga Italia ini akan memainkan formasi yang berbeda di laga dini hari nanti. Pelatih Fiorentina, Cesare Prandelli, akan mengandalkan skema tiga bek di lini belakang. 

Ketiga pemain yang mengisi pos lini belakang Fiorentina adalah Quarta (kiri), Pezella (tengah), dan Minekovic (kanan). Dengan taktik 3-5-2, pemain belakang Fiorentina memang bermain lebih rapat dan sebisa mungkin tidak ikut maju ke depan. 

Jika Fiorentina menggunakan tiga bek, maka AC Milan kembali setia memakai empat bek. Dengan cederanya Romagnoli, maka duet lini tengah kembali dipercayakan kepada Kjaer dan Tomori. 

Sementara dua pemain di posisi sayap masing-masing ditempati oleh Diogo Dalot (kanan) dan Theo Hernandez (kiri). Dilihat dari banyak aspek, lini belakang Milan di atas kertas masih lebih unggul dari Fiorentina.