In-depth

Makedonia Utara, Kuda Hitam Terbaru Eropa dan Penakluk Jerman

Kamis, 1 April 2021 12:22 WIB
Editor: Coro Mountana
© Twitter@Sportbuzzer
Goran Pandev, pemain Timnas North Macedonia Copyright: © Twitter@Sportbuzzer
Goran Pandev, pemain Timnas North Macedonia

INDOSPORT.COM - Setelah berhasil menaklukan Jerman, Makedonia Utara rasanya secara resmi sudah bisa disebut sebagai kuda hitam terbaru dari benua Eropa.

Tidak ada angin atau pun hujan, Jerman secara mengejutkan malah mengalami kekalahan memalukan dari Makedonia Utara dalam lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa. Hasil ini pun mengejutkan seluruh Eropa bahkan dunia.

Mengingat Jerman sedang bangkit usai sempat dibantai Spanyol 0-6 pada tahun lalu. Tak disangka setelah meraih 2 kemenangan atas Islandia dan Rumania, tiba-tiba saja, Jerman malah dibungkam Rumania.

Fakta ini juga sekaligus menjadi bukti kalau sepak bola bukanlah matematika. Soalnya Rumania yang dikalahkan Jerman sebelumnya mereka berhasil menang atas Makedonia Utara.

Itu artinya seharusnya Jerman bisa dengan mudah mengalahkan Makedonia Utara, sayang kenyataannya berkata lain. Makedonia Utara berhasil mencetak 2 gol kemenangan melalui Goran Pandev dan Eljif Elmas, sedangkan Jerman membalas lewat Ilkay Gundogan.

Semakin menakutkan, Makedonia Utara ini menang di kandangnya Jerman. Orang-orang pun menjadi bingung sehebat apa Makedonia Utara sampai bisa mengalahkan Jerman yang difavoritkan bisa juara EURO tahun ini bahkan.

Mungkin orang-orang lupa kalau Makedonia Utara ini merupakan salah satu tim yang berhasil lolos juga ke Euro tahun ini. Dengan kata lain, Makedonia Utara tidak boleh dianggap remeh karena punya kekuatan tersembunyi yang sangat mengejutkan.

Tak pelak, hal ini membuat Makedonia Utara sepertinya bisa menjadi kuda hitam terbaru di benua Eropa. Dalam sejarahnya, Eropa selalu menghasilkan sejumlah tim kuda hitam yang bahkan bisa mengejutkan dunia, siapa saja mereka?