Bola Internasional

Bukan Real Madrid atau Manchester United, Ini Klub Terkaya Tahun 2021

Selasa, 13 April 2021 19:31 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor:
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Bukan Real Madrid atau Manchester United, Barcelona dinobatkan menjadi klub terkaya di dunia tahun 2021. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Bukan Real Madrid atau Manchester United, Barcelona dinobatkan menjadi klub terkaya di dunia tahun 2021.

INDOSPORT.COM – Bukan Real Madrid atau Manchester United, Barcelona dinobatkan menjadi klub terkaya di dunia tahun 2021.

Barcelona memuncaki daftar 20 klub terkaya bikinan Forbes untuk tahun 2021 ini. Menggeser Real Madrid yang pada daftar sebelumnya berhasil duduk nyaman dengan status klub paling kaya sejagad raya.

Pencapaian Barcelona untuk duduk di urutan teratas klub terkaya di dunia ini merupakan yang pertama kalinya sepanjang sejarah.

Selama 16 tahun terakhir, Real Madrid dan Manchester United adalah dua klub yang paling banyak menggondol status klub terkaya di dunia. Los Blancos sebanyak 5 kali sementara Setan Merah sebanyak 11 kali.

Kenaikan status yang dialami oleh Barcelona ini cukup mengejutkan mengingat mereka sedang dilanda krisis finansial yang bergitu hebat serta ketidakjelasan masa depan legenda mereka, Lionel Messi.

Dalam dua tahun terakhir sejak daftar Forbes dikeluarkan, Barcelona berhasil mengalami kenaikan nilai sebesar 18 persen.

Kenaikan nilai tersebut juga dialami oleh 20 klub yang berada di dalam daftar ini. Rata-rata ke-20 klub tersebut mengalami kenaikan sebesar 30 persen sejak daftar terakhir dikeluarkan.

Di sisi lain, AC Milan, AS Roma, dan West Ham United mengalami penurunan nilai meskipun tetap berhasil mempertahankan status mereka di dalam daftar 20 klub terkaya di dunia.