Liga Inggris

3 Fakta Xavier Mbuyamba, Titisan Virgil van Dijk yang Akhirnya Debut Bersama Chelsea

Rabu, 14 April 2021 12:25 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Pim Waslander/Soccrates/Getty Images
Diboyong sejak musim panas lalu, Xavier Mbuyamba yang dijuluki Virgil van Dijk baru akhirnya menjalani debut untuk Chelsea dan bahkan sukses mencetak gol. Copyright: © Pim Waslander/Soccrates/Getty Images
Diboyong sejak musim panas lalu, Xavier Mbuyamba yang dijuluki Virgil van Dijk baru akhirnya menjalani debut untuk Chelsea dan bahkan sukses mencetak gol.

INDOSPORT.COM – Diboyong sejak musim panas lalu, Xavier Mbuyamba yang dijuluki Virgil van Dijk baru akhirnya menjalani debut untuk Chelsea dan bahkan sukses mencetak gol.

Wonderkid Chelsea, Xavier Mbuyamba, menjadi perbincangan dalam beberapa hari terakhir ini. Pasalnya, bek tengah berusia 19 tahun itu akhirnya menjalani debut bersama Chelsea, setelah menanti 18 bulan.

Ya, pemain yang kerap disebut titisan Virgil van Dijk ini memang harus menunggu lama untuk menjalani laga pertama bersama The Blues.

Sebagai informasi, Mbuyamba sejatinya sudah menjadi incaran Chelsea sejak bursa transfer musim panas 2019. Namun, kepindahannya ke Stamford Bridge akhirnya batal karena saat itu The Blues sedang dalam masa hukuman dan dilarang mendatangkan pemain anyar.

Bek muda asal Belanda itu akhirnya memilih bergabung dengan Barcelona. Namun, hanya semusim kemudian ia dilepas oleh Blaugrana. Kesempatan ini pun tidak disia-siakan Chelsea yang kemudian merekrutnya dan memberinya kontrak berdurasi 3 tahun.

Sukses hijrah ke London setelah tertunda setahun, Mbuyamba tak langsung bisa menjalani debut. Ia justru mengalami cedera lutut yang cukup parah saat baru menjalani sesi latihan kedua sehingga harus istirahat panjang.

Namun, penantian Mbuyamba untuk menjalani debut bersama Chelsea akhirnya berakhir. Senin (12/04/21) waktu setempat, ia akhirnya menjalani laga perdana bersama tim U-23 saat menghadapi Southampton.

Tampil sebagai pemain pengganti saat laga sudah memasuki menit ke-66, Xavier Mbuyamba tampil gemilang. Hanya lima menit setelah masuk, ia sukses mencetak gol yang mengunci kemenangan Chelsea U-23 dengan skor 3-1.

Seusai laga, Mbuyamba pun mengungkapkan kegembiraannya. “Menjalani debut yang sudah saya impikan berbulan-bulan, dan melengkapinya dengan gol pertama saya. Ini perasaan yang benar-benar luar biasa,” katanya seperti dilansir 90min.

Demi mengenal lebih lanjut, berikut ini 3 fakta mengenai Xavier Mbuyamba, yang berhasil dikumpulkan INDOSPORT.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%