In-depth

Luis Alberto: Playmaker Elit Lazio yang Baru Punya 1 Assist di Serie A

Sabtu, 1 Mei 2021 17:47 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Getty Images
Luis Alberto mencoba melewati para pemain Juventus. Copyright: © Getty Images
Luis Alberto mencoba melewati para pemain Juventus.

INDOSPORT.COM – Bagi orang awam, posis Playmaker dalam sepak bola identik dengan assist. Namun, hal tersebut tak berlaku bagi penggawa Lazio, Luis Alberto, yang masuk dalam jajaran playmaker elit namun baru punya satu assist di Serie A 2020/21. Kok bisa?

Nama Luis Alberto mungkin tak begitu familiar bagi pecinta sepak bola dunia. Apalagi, di era sepak bola yang mengandalkan gol dan assist sebagai tolak ukur kehebatan seorang pemain.

Sebagai playmaker, Luis Alberto tak memiliki catatan apik dari gol maupun assist. Bahkan, hingga pekan ke-33 Serie A musim 2020/21, ia baru mencetak satu assist.

Namun, assist bukanlah tolak ukur bagaimana apiknya kreatifitas seorang pemain, terutama untuk kasus yang Luis Alberto di musim 2020/21 ini.

Berdasarkan Transfermarkt, Luis Alberto telah mencetak delapan gol dan tiga assist dalam 35 pertandingan bersama Lazio. Bandingkan dengan Kevin De Bruyne yang juga seorang playmaker, maka ada jurang pemisah yang sangat lebar dalam output permainan keduanya.

Sejak bergabung dengan Lazio pada 2016, Luis Alberto menjadi sosok sentral dalam kebangkitan Biancocelesti di kancah Serie A.

Bersama Luis Alberto, Lazio mampu kembali ke Liga Champions dan menjuarai Coppa Italia 2018/19 serta dua gelar Piala Super Italia.

Lantas, bagaimana bisa Luis Alberto disebut playmaker elit jika secara output dirinya baru mencetak satu assist saja di Serie A 2020/21 bersama Lazio?

Ada tolak ukur lain untuk menjabarkan betapa hebatnya kemampuan Playmaking Luis Alberto bersama Lazio. Berikut ulasannya.

IDS Emoticon Suka
Suka
100%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%