Liga Champions

Deretan Negara yang Timnya Banyak Meraih Gelar Liga Champions: Spanyol Dominan, Italia Tertinggal

Sabtu, 8 Mei 2021 18:23 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© INDOSPORT
Logo Liga Champions. Copyright: © INDOSPORT
Logo Liga Champions.

INDOSPORT.COM – Liga Champions 2020/21 memasuki babak puncak. Dua tim asal Inggris yakni Manchester City dan Chelsea akan bersua di partai pamungkas musim ini.

Man City dan Chelsea dipastikan tampil di partai puncak Liga Champions 2020/21 usai mengandaskan lawan-lawannya dengan agregat telak di semifinal.

Man City terlebih dahulu memastikan satu spot di final setelah menumbangkan Paris Saint-Germain dengan agregat 4-1.

Agregat tersebut didapat dari kemenangan Man City 2-1 di leg pertama di markas PSG dan kemenangan 2-0 di leg kedua di kandangnya sendiri.

Keberhasilan Manchester City disusul oleh sesam tim Inggris lainnya, yakni Chelsea. The Blues melangkah ke final Liga Champions 2020/21 usai unggul agregat 3-1 atas Real Madrid.

Agregat 3-1 yang didapatkan Chelsea berasal dari hasil 1-1 di leg pertama di markas Real Madrid dan kemenangan 2-0 di leg kedua yang berlangsung di Stamford Bridge.

Lolosnya Man City dan Chelsea ke partai final menorehkan tinta emas untuk sepak bola Inggris. Sebab, laga final ini menjadi laga final ketiga sesama tim Inggris di Liga Champions.

Final pertama terjadi pada 2008 kala Manchester United bertemu Chelsea. Lalu final kedua terjadi pada 2019 kala Liverpool berjumpa Tottenham Hotspur.

Di balik keberhasilan Man City dan Chelsea menembus final  musim ini sekaligus membuat Inggris dipastikan akan menambah gelar ke-14 nya di Liga Champions.

Lantas selain Inggris, negara mana yang paling banyak mengirim wakilnya menjuarai Si Kuping Besar sejak digelar dari kompetisi bernama European Cup hingga menjadi Liga Champions? Berikut rangkumannya.