In-depth

Bedah 4 Besar Liga Inggris Usai Chelsea Kalah dan Liverpool Menang: West Ham Paling Mungkin?

Jumat, 14 Mei 2021 11:57 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Catherine Ivill/Getty Images
Persaingan Liga Inggris memanas usai Chelsea kalah dari Arsenal dan Liverpool mengalahkan Manchester United. Siapa yang punya peluang terbaik finis di 4 besar? Copyright: © Catherine Ivill/Getty Images
Persaingan Liga Inggris memanas usai Chelsea kalah dari Arsenal dan Liverpool mengalahkan Manchester United. Siapa yang punya peluang terbaik finis di 4 besar?

INDOSPORT.COM – Persaingan Liga Inggris memanas usai Chelsea kalah dari Arsenal dan Liverpool mengalahkan Manchester United. Siapa yang punya peluang terbaik finis di 4 besar?

Kompetisi Liga Inggris sudah menemukan juara mereka musim ini yakni Manchester City. Seperti diketahui, The Citizens sukses menyegel gelar setelah Manchester United yang ada di peringkat 2 dikalahkan Leicester beberapa hari lalu, sehingga tak mungkin lagi mengejar poin mereka.

Sementara itu, meski masih bisa melorot dari posisi kedua, Manchester United sudah dipastikan finis di 4 besar dan merebut tiket ke Liga Champions.

Meski demikian, sisa 3 pekan lagi di Liga Inggris masih menyajikan keseruan. Pasalnya, ada 6 tim yang bersaing merebut 2 tempat tersisa di 4 besar alias zona Liga Champions, yakni Leicester City, Chelsea, Liverpool, West Ham, Tottenham, dan Everton.

Persaingan memanas seiring munculnya hasil-hasil kejutan tengah pekan ini, seperti kekalahan Chelsea 0-1 dari Arsenal, kemenangan Liverpool 4-2 atas MU, dan kemenangan Leicester 2-1 atas MU.

Seusai laga Manchester United vs Liverpool dini hari tadi, The Reds naik ke peringkat 5 menggusur West Ham. Sementara itu, Leicester dan Chelsea berada di posisi 3-4, serta Tottenham dan Everton di peringkat 7-8.

Dengan selisih poin tipis dan jumlah sisa laga yang berbeda-beda antara keenam tim ini, perubahan posisi di klasemen masih mungkin terjadi. Lantas, sebesar apa peluang masing-masing tim finis di 4 besar dan lolos ke Liga Champions? Berikut ini ulasannya.

Everton (Posisi 8, 56 poin, 3 laga sisa)

Meski bertengger di posisi 8, secara matematis Everton masih bisa finis di 4 besar. Pasalnya, mereka hanya tertinggal 8 poin dari Chelsea di posisi 4, dan masih punya 3 laga sisa (maksimal poin 9).

Meski demikian, untuk lolos ke 4 besar Everton harus menyapu bersih kemenangan seraya berharap Chelsea selalu kalah di 2 laga sisa, Liverpool menelan 2 kekalahan dari 3 laga sisa, dan West Ham serta Tottenham selalu kalah di 3 laga terakhir.

Sisa jadwal Everton: Sheffield, Wolves, Man City

Tottenham Hotspur (Posisi 7, 56 poin, 3 laga sisa)

Punya poin sama seperti Everton, kelolosan Tottenham Hotspur ke 4 besar memiliki syarat mirip. Mereka harus selalu menang di 3 laga sisa serta berharap Chelsea dan West Ham selalu kalah, serta Liverpool setidaknya 2 kali kalah.

Di sisi lain, upaya Tottenham Hotspur menyapu kemenangan di 3 laga sisa tidak akan mudah karena mereka menghadapi lawan yang cukup sulit, salah satunya Leicester yang juga sedang memburu tiket Liga Champions.

Sisa jadwal Tottenham: Wolves, Aston Villa, Leicester City

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
25%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
25%
IDS Emoticon Takut
Takut
50%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%