Bola Internasional

Ada dari Tim Gurem Serie A, 5 Bomber Nigeria yang Mampu Taklukkan Eropa

Selasa, 18 Mei 2021 11:50 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Leicester Mescury
Kelechi Iheanacho, Pemain Leicester City. Copyright: © Leicester Mescury
Kelechi Iheanacho, Pemain Leicester City.

INDOSPORT.COM – Musim 2020/21 nampaknya menjadi musim kebangkitan para penyerang asal Nigeria. Setidaknya ada lima penyerang Super Eagles yang mampu menundukkan Eropa saat ini.

Nigeria merupakan salah satu negara Afrika yang banyak menghasilkan pesepak bola andal untuk klub-klub papan atas dunia.

Salah satu pemain yang terkenal adalah Jay-Jay Okocha. Pemain satu ini dikenal akan kemampuan olah bolanya di atas rumput hijau.

Okocha pertama kali berpetualang ke Eropa pada tahun 1990 ke tim asal Jerman, yakni Borussia Neunkirchen. Dari sanalah dirinya mulai mendapat perhatian kala diboyong Eintracht Frankfurt pada 1992.

Selanjutnya, Jay-Jay Okocha berpetualang ke Turki dengan bergabung Fenerbahce pada 1996. Dua tahun berselang, ia bergabung Paris Saint-Germain.

Di PSG, namanya kian melambung berkat kemampuan olah bolanya. Perjalanannya bersama raksasa Prancis tersebut hanya bertahan empat tahun saja.

Pada 2002, ia hijrah ke Inggris dan bergabung Bolton Wanderers. Kemampuan olah bolanya membuat banyak pecinta Liga Inggris berdecak kagum.

Meski tak meraih beragam gelar di level klub dan individu selama di Inggris, Okocha tetap mendapat tempat di sanubari para pecinta Liga Inggris.

Bisa dikatakan, Jay-Jay Okocha menjadi salah satu sosok pemberi jalan bagi pesepak bola Nigeria berkancah di Eropa. Tak ayal, banyak pemain asal Nigeria kini bermain di liga-liga top Eropa.

Bahkan, untuk musim 2020/21 ini pemain Nigeria banyak yang menjadi tulang punggung bagi timnya, terlebih para pemain yang beroperasi sebagai penyerang.

Berikut lima pemain asal Nigeria yang mampu menjadi tulang punggung klub-klub yang dibela berkat torehan golnya di musim 2020/21.