Liga Inggris

Tak Ada Ederson dan Mendy, 5 Kiper Terbaik Liga Inggris Versi INDOSPORT

Selasa, 18 Mei 2021 15:05 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Laurence Griffiths/Getty Images
Momen Ederson melempar bola yang mengarah ke Scott McTominay dan berujung gol untuk Man United. Copyright: © Laurence Griffiths/Getty Images
Momen Ederson melempar bola yang mengarah ke Scott McTominay dan berujung gol untuk Man United.

INDOSPORT.COM - Liga Inggris 2020-2021 menyisakan dua pertandingan. Daftar peraih gelar individu pun akan diberikan nantinya, termasuk kepada para penjaga gawang atau kiper.

Berbicara peran kiper, tentu tak lepas dari yang namanya kebobolan dan penyelamatan. Tugas kiper atau penjaga gawang juga menjadi pemimpin di barisan pertahanan suatu tim dan mencegah gawangnya kebobolan.

Sehingga, lebih sering penghargaan kiper terbaik diberikan kepada para penjaga gawang dengan tingkat kebobolan terendah.

Padahal, penghargaan kiper terbaik tak serta merta dinilai dari seberapa banyak gawangnya tak kebobolan saja. Pasalnya, urusan kebobolan atau tidak berkaitan dengan performa tim.

Sebagai contoh, di Liga Inggris 2020-2021 hingga pekan ke-36 nama Ederson menjadi kandidat kuat peraih penghargaan kiper terbaik karena telah mencetak 18 clean sheet bersama Manchester City.

Jika ditilik dari total penyelamatannya, dalam 34 laga yang ia mainkan, Ederson hanya mencetak 58 kali penyelamatan. Hal ini membuktikan dirinya urung mendapat banyak ujian di depan gawang karena pertahanan Man City yang kokoh.

Pun dengan Edouard Mendy dari Chelsea. Meski telah mencetak 16 Clean Sheet, total penyelamatan yang ia buat dalam 29 pertandingan hanyalah 73 kali penyelamatan.

Sehingga, untuk menilai bahwa Ederson dan Mendy merupakan kiper terbaik karena catatan Clean Sheet yang ia miliki adalah sebuah kesalahan.

Karena, apik atau buruknya kiper dinilai dari berapa banyaknya penyelamatan yang ia buat serta tingkat presentase yang ia miliki.

Berikut deretan kiper terbaik Liga Inggris 202-2021 hingga pekan ke-36 dengan tingkat kesuksesan serta banyaknya penyelamatan yang dibuatnya.