Bola Internasional

Dua Pemain Keturunan Indonesia di Skuad Timnas Belanda Jelang Euro 2020

Jumat, 21 Mei 2021 04:16 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© ANP MAURICE VAN STEEN/Getty Images
Pemain Belanda, Steven Berghuis, merayakan gol yang dia cetak saat melawan Latvia pada sesi kualifikasi Piala Dunia di Johan Cruijff Arena, Sabtu (27/3/2021). Copyright: © ANP MAURICE VAN STEEN/Getty Images
Pemain Belanda, Steven Berghuis, merayakan gol yang dia cetak saat melawan Latvia pada sesi kualifikasi Piala Dunia di Johan Cruijff Arena, Sabtu (27/3/2021).

INDOSPORT.COM – Melihat dua pemain keturunan Indonesia yang ada di skuad Timnas Belanda saat ini jelang The Flying Dutchman tampil di ajang Euro 2020 bulan Juni mendatang. Siapa sajakah mereka?

Timnas Belanda sendiri sampai saat ini memang belum mengumumkan skuad resminya untuk gelaran Euro 2020, namun pelatih Frank de Boer sempat memanggil 34 nama saat menjalani pertandingan kualifikasi Piala Dunia bulan Maret lalu.

Dalam pertandingan terbarunya, Timnas Belanda berhasil meraih kemenangan telak saat menghadapi Gibraltar pada 30 Maret 2021 silam. Bertanding di Victoria Stadium, Belanda sukses menang hingga tujuh gol tanpa balas ke gawang tuan rumah.

Dengan hasil tersebut, Belanda untuk sementara berada di tempat kedua klasemen sementara Kualifikasi Piala Dunia Zona Eropa Grup G lewat koleksi 6 poin, berjarak satu angka dari Turki yang berada di puncak.

Di bawah arahan pelatih Frank de Boer, terdapat beberapa pemain muda yang dipanggil ke skuad Timnas Belanda. Sebut saja gelandang berusia 23 tahun, Teun Koopmeiners hingga Ryan Gravenberch yang masih berusia 19 tahun.

Selain pemain muda, Frank de Boer juga memanggil beberapa pesepak bola keturunan termasuk yang berdarah Indonesia. Mereka adalah Kenny Tete serta Joël Veltman yang berposisi sebagai pemain bertahan.

© Alex Livesey - Danehouse/Getty Images
Kenny Tete Copyright: Alex Livesey - Danehouse/Getty ImagesKenny Tete

Tete sendiri diketahui sudah membela Belanda dari usia junior hingga mengemas 13 caps bersama tim senior. Meski begitu, Tete tetap tidak melupakan asal usul ibunya yang berasal dari Indonesia.

“Ibu saya orang Indonesia. Bisa berbicara Bahasa Indonesia dengan lancar. Kami sekeluarga sering ke Indonesia dan nenek saya sering bolak-balik Belanda-Indonesia,” tutur Kenny Tete seperti dilansir dari Sepakbolanda.

Sebagai bek kanan, Kenny Tete adalah sosok yang sangat cepat dan pintar membangun serangan. Itulah Kenny Tete, bek berdarah Indonesia yang nyaris bermain di final Liga Champions bersama Lyon.