Bola Internasional

Sempat Tertarik Jadi WNI, Makan Konate Dapat Panggilan Timnas Mali

Kamis, 27 Mei 2021 03:38 WIB
Editor: Isman Fadil
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Mantan pemain Persebaya Surabaya, Makan Konate, mendapatkan panggilan dari Timnas Mali. Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Mantan pemain Persebaya Surabaya, Makan Konate, mendapatkan panggilan dari Timnas Mali.

INDOSPORT.COM - Mantan pemain Persib Bandung dan Persebaya Surabaya, Makan Konate, mendapatkan panggilan dari Timnas Mali. Ini adalah untuk pertama kalinya gelandang berusia 29 tahun memperkuat negaranya di level senior.

Kabar bergabungnya Makan Konate bersama Timnas Mali disampaikan oleh akun media sosial Instagram klub Liga Super Malaysia, Terengganu FC, @officialterengganufc. Nantinya Konate berpeluang debut di laga melawan Aljazair (7 Juni), Kongo (11 Juni), dan Tunisia (15 Juni) dalam pertandingan persahabatan.

"Makan Konate mendapatkan panggilan dari Timnas Mali. Nantinya, Konate akan diikutsertakan dalam laga melawan Aljazair, Kongo, dan Tunisia. Selamat Konate," tulis Terengganu.

Performa Makan Konate bersama Trengganu FC mendapatkan perhatian dari pelatih Timnas Mali, Mohamed Magassouba. Sejauh ini, dia sudah mencetak satu gol dari 13 pertandingan di Liga Super Malaysia.

Sebelum berkarier di Malaysia, Makan Konate cukup lama bermain di Indonesia. Bakat Konate tercium oleh Mundari Karya pada tahun 2012 yang membawanya ke PSPS Pekanbaru.

Usai dari PSPS, Makan Konate hengkang ke Barito Putera pada pertengahan tahun 2013. Dia membuat 14 penampilan dan sukses menyarangkan enam gol yang membuat Barito Laskar Antasari menempati posisi enam Indonesia Super League (ISL) 2013.

Setahun berselang, Persib Bandung berhasil memboyong Makan Konate. Di musim pertama, nama gelandang muslim itu semakin melambung setelah sukses membawa Maung Bandung juara ISL 2014 dengan mengalahkan Persipura Jayapura di partai puncak lewat adu penalti dengan skor 5-3 (2-2).

Konate sempat hijrah ke klub Malaysia T-Team pada tahun 2015 karena kompetisi ISL berhenti. Lalu pada 2017, dia kembali berkarier di Indonesia bersama Sriwijaya FC, Arema FC, dan terakhir Persebaya Surabaya di Liga 1 2020.

Makan Konate juga masuk nominasi pemain terbaik Shopee Liga 1 2019 bersama gelandang Bali United, Fadil Sausu dan Borneo FC, Renan Silva.