Liga Indonesia

Pelatih Persib Berharap Regulasi Pemain Liga 1 2021 Tidak Berubah Mendadak

Jumat, 4 Juni 2021 07:15 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Isman Fadil
© Arif Rahman/Indosport
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts. Copyright: © Arif Rahman/Indosport
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts.

INDOSPORT.COM - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, mengaku masih menunggu kepastian mengenai teknis pelaksanaan kompetisi Liga 1 2021, mulai dari regulasi pemain hingga jadwal dan format yang akan diterapkan.

Khusus mengenai regulasi pemain, pelatih asal Belanda ini berharap, PT Liga Indonesia Baru Baru (LIB) dan PSSI tidak melakukan perubahan aturan secara mendadak. Karena, hal tersebut pasti akan membuat persiapan klub sedikit terganggu.

"Itu juga jadi hal yang setiap tahun regulasinya mengalami perubahan, dan pemberitahuannya sesaat sebelum liga dimulai. Harapan saya dengan kepemimpinan baru di otoritas sepak bola Indonesia, perubahan dilakukan tidak mendadak," kata Robert Alberts.

Menurut Robert Alberts, jika akan melakukan perubahan aturan dan regulasi pemain, idealnya diumumkan sejak jauh-jauh hari. Sehingga, klub bisa mempersiapkan diri dan tidak terburu-buru dalam menentukan komposisi pemain.

"Jika ingin menerapkan aturan baru seperti pengurangan pemain asing, soal kategori pemain muda di dalam tim, apakah Liga 2 bisa memakai pemain asing, ini semua harus dipersiapkan dan jangan diumumkan hanya sesaat sebelum musim dimulai," ungkapnya.

"Itu pengalaman saya di sepak bola Indonesia sejauh ini. Itu harus direncanakan, jadi kamu bisa katakan 'oke, musim depan kami mulai menerapkan ini' jadi tim, klub, pemain dan staf bisa mempersiapkan itu," jelasnya menambahkan.

Sebelumnya, muncul wacana penggunaan pemain asing di kompetisi Liga 2 2021. Menurut Robert Alberts, pihaknya tidak mempermasalahkan aturan tersebut maupun perubahan regulasi pemain di Liga 1.