Bola Internasional

Memori Euro: Dahsyatnya Angkatan Emas Republik Ceko 2004

Minggu, 6 Juni 2021 13:37 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Phil Cole/Getty Images
Republik Ceko mendapat predikat sebagai tim kuda hitam di Eropa berkat penampilannya di Euro 2004, seperti apa penampilan mereka kala itu? Copyright: © Phil Cole/Getty Images
Republik Ceko mendapat predikat sebagai tim kuda hitam di Eropa berkat penampilannya di Euro 2004, seperti apa penampilan mereka kala itu?

INDOSPORT.COM - Republik Ceko mendapat predikat sebagai tim kuda hitam di Eropa berkat penampilannya di Euro 2004, seperti apa penampilan mereka kala itu?

Dalam waktu kurang dari seminggu, pesta sepak bola terakbar di Eropa, Euro 2020, akan segera bergulir. Kompetisi empat tahunan di benua biru ini akan kick off pada 11 Juni 2021 hingga penutupan pada 12 Juni 2021. 

Partai pembuka akan dimainkan tanggal 11 Juni waktu setempat atau tanggal 12 waktu Indonesia. Fase penyisihan akan berakhir pada 24 Juni dengan memainkan 36 pertandingan dari 24 tim. 

Turnamen Euro sendiri selalu menjadi perhatian dari pencinta sepak bola dunia. Sebab, Berbeda dengan kejuaraan di benua lain, tim-tim peserta Piala Eropa selalu dipenuhi bintang-bintang kelas dunia. 

Piala Eropa sendiri sudah dihelat sejak tahun 1960. Dalam penyelenggaraannya, ajang Euro selalu menghadirkan berbagai momen suka dan duka serta drama yang terlupakan. 

Sejumlah negara peserta pun pernah merasakan momen-momen tersebut. Salah satunya adalah Republik Ceko. 

Ceko mendapat predikat sebagai tim kuda hitam di Eropa berkat penampilannya di Euro 2004. Bermodalkan skuad angkatan emas, Milan Baros dkk sukses melenggang hingga ke semifinal. 

Seperti apa keseruan perjalanan tim Republik Ceko pada gelaran Euro 2004? Menjelang turnamen Euro 2020, tak ada salahnya untuk kita bernostalgia bersama. 

Laju Kencang Rep. Ceko 2004

Berbeda dengan gelaran Euro 2020 ini, pada 2004 lalu kompetisi Piala Eropa masih diikuti oleh 16 tim dari 45 negara anggota UEFA. 

Turnamen edisi 2004 digelar dengan Portugal sebagai tuan rumah. Piala Eropa 2004 mendapat perhatian besar lantaran saat itu tim-tim besar Eropa tengah diperkuat oleh bintang-bintang terbaik mereka. 

Di tim Inggris ada kapten David Beckham yang memimpin skuad bekennya seperti Frank Lampard, Steven Gerrard, Michael Owen, Paul Scholes, sampai Ashley Cole.

Sementara itu, tim Italia juga tak kalah percaya diri. Mereka masih diperkuat bintang-bintang mereka di Piala Dunia 2022 seperti Christian Vieri, Alessandro Del Piero, Filippo Inzaghi, dan lainnya. 

Begitu pun dengan negara Prancis, Jerman, Belanda, dan tentu saja Portugal. Meski begitu, banyak mata pencinta sepak bola Eropa yang tertuju pada tim Republik Ceko. 

Ketika itu Ceko tengah diperkuat oleh angkatan emas mereka, seperti Milan Baros, Marek Jankulovski, Jaap Stam, Petr Cech, dan lainnya. Republik Ceko sukses tampil sebagai juara grup melibas empat tim lainnya seperti Belanda, Austria, Moldova, dan Belarusia. 

Ceko tampil sebagai juara grup dengank koleksi 7 kemenangan dan 1 seri dari 8 laga. Rupanya, sensasi ini juga berlanjut di putaran final Euro 2020.