Bola Internasional

Bukan Chellini atau Bonucci, Ini Sosok Paling Berjasa di Ruang Ganti Italia

Senin, 12 Juli 2021 23:55 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Christian Charisius/picture alliance via Getty Images
Selebrasi para pemain Timnas Italia saat merayakan kemenangan usai mengalahkan Timnas Inggris di final Euro 2020. Copyright: © Christian Charisius/picture alliance via Getty Images
Selebrasi para pemain Timnas Italia saat merayakan kemenangan usai mengalahkan Timnas Inggris di final Euro 2020.

INDOSPORT.COM - Tak memberikan banyak kontribus di lapangan, rupanya kiper Salvatore Sirigu telah memberikan banyak hal di ruang ganti Timnas Italia selama Euro 2020. 

Italia akhirnya keluar sebagai juara Euro 2020 usai memenangi adu penalti lawan Inggris dengan skor 3-2. Kiper Azzurri, Gianluigi Donnarumma, sukses menggagalkan eksekusi Jadon Sancho dan Bukayo Saka, sedangkan sepakan Marcus Rashford membentur tiang.  

Timnas Italia asuhan Roberto Mancini di Euro 2020 terbilang istimewa. Sebab, semua anggota skuad tim ini (kecuali kiper ketiga) mendapat kesempatan bermain dari Roberto Mancini.

Salah satu yang menjadi sorotan adalah kiper kedua Italia, Salvatore Sirigu. Sirigu mendapat kesempatan tampil hanya satu menit saat menggantikan Donnarumma di laga fase grup melawan Wales.

Meski minim kontribusi di lapangan, namun Salvatore Sirigu memberikan pengaruh besar di ruang ganti. Hal ini seperti diungkapkan oleh dua pemain penting Italia, yakni Giorgio Chiellini dan Alessandro Florenzi, selepas pertandingan.

Mereka mengaku bahwa Sirigu memiliki peran penting jelang laga final melawan Inggris. "Sirigu telah menjadi salah satu pemain kunci di ruang ganti,” kata Florenzi dikutip dari Football Italia.

Terkhusus di laga final, Sirigu dengan telaten menyiapkan catatan khusus dari dirinya yang diberikan kepada tiap anggota skuad. Catatan itu merupakan ungkapan perasaan Sirigu terhadap masing-masing pemain. Isinya pun berbeda satu sama lain.

“Sebelum pertandingan, dia memberi kami masing-masing catatan yang ditulis olehnya, dengan pemikirannya tentang kami. Setiap catatan berbeda,” ungkap mantan pemain PSG itu.

Catatan itu pun berarti sangat dalam sampai-sampai membuat sebagian pemain Italia menangis. “Hari ini, dia membuat kami menangis,” ungkap Chiellini.

Selain itu, Sirigu juga mengumpulkan video-video pesan dari orang-orang tersayang seperti keluarga dan teman yang dimiliki tiap pemain.