Bola Internasional

Mengenal Gold Cup, Turnamen Bergengsi di Wilayah yang Tak Ramah dengan Sepak Bola

Rabu, 14 Juli 2021 11:12 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© GOLDCUP.ORG
Piala Emas Concacaf atau Gold Cup. Copyright: © GOLDCUP.ORG
Piala Emas Concacaf atau Gold Cup.

INDOSPORT.COM – Mengenal Gold Cup atau Piala Emas, turnamen bergengsi di wilayah yang tak memandang sepak bola sebagai olahraga populer yakni kawasan CONCACAF.

Usai gelaran Euro 2020 dan Copa America 2021 berakhir, pecinta sepak bola dimanjakan dengan kehadiran turnamen bergengsi lainnya yakni Gold Cup 2021.

Gold Cup atau yang biasa disebut Piala Emas merupakan turnamen antar negara yang tergabung di zona CONCACAF. Zona CONCACAF sendiri terdiri dari Amerika Utara, Tengah, dan Kepulauan Karibia.

Jika dilihat dari kultur setiap negaranya, sepak bola nyatanya bukanlah olahraga populer di kawasan yang masuk zona CONCACAF tersebut.

Bila dibandingkah olahraga seperti Basket, American Football, dan Bisbol, sepak bola mungkin hanyalah olahraga untuk kelas bawah.

Tak percaya? Boleh dilihat berapa banyak pemain ternama dari kawasan CONCACAF saat ini. Mungkin hanya Christian Pulisic (Amerika Serikat), Alphonso Davies (Kanada), dan Hirving Lozano (Meksiko) saja yang dikenal saat ini.

Meski sepak bola bukan olahraga populer di kawasan tersebut, nyatanya Gold Cup atau Piala Emas banyak menarik minat para pecinta sepak bola baik dalam dan luar zona CONCACAF.

Biasanya, ajang ini digunakan untuk mencari bakat-bakat terpendam dari kawasan CONCACAF yang selama ini tak pernah tersorot.

Lantas, seperti apa Gold Cup tersebut? Bagaimana sejarah dari turnamen terakbar zona CONCACAF itu?