Liga Indonesia

Bandingkan Negara Lain, Pelatih Belanda Bosan Dengar Liga 1 Ditunda Terus

Kamis, 22 Juli 2021 18:55 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Herry Ibrahim
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts.

INDOSPORT.COM - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, memiliki keinginan agar Liga 1 2021 bisa segera bergulir, setelah kompetisi musim 2020 dihentikan sejak pertengahan Maret tahun lalu karena pandemi Corona.

Meski begitu pelatih asal Belanda tidak terlalu banyak berharap, pasalnya berkaca dari pengalaman sebelumnya, kick-off kompetisi Liga 1 selalu mengalami perubahan, karena pandemi Covid-19 yang belum terkendali. Sehingga, izin keramaian sulit didapatkan.

Sebagai informasi, setelah kompetisi musim 2020 dibatalkan, Liga 1 2021 rencananya akan digelar pada 9 Juli lalu, namun meningkatnya kasus Covid-19 di Indonesia membuat kompetisi kembali ditunda.

"Di September (2020) seharusnya kami sudah memulai lagi liga, tapi pihak otoritas di Indonesia masih punya wewenang untuk membatalkan izinnya, dua hari sebelum kick off dimulai. Saya selalu melihat ke belakang mengenai situasi di Indonesia," ucap Robert Rene Alberts.

Kondisi sepak bola Indonesia, menurut Robert, sangat berbeda jika dibandingkan dengan negara lain. Pasalnya, mayoritas negara sudah kembali menggelar kejuaraan, bahkan sudah ada yang bisa disaksikan oleh penonton.

"Sedangkan situasi di luar Indonesia, pihak otoritas yang mengikuti aturan di liga. Contohnya Euro 2020 sudah dimainkan, Copa America juga, lalu sekarang Gold Cup sudah bergulir," ujarnya.

"Jadi di mana-mana sudah mulai digelar, bahkan Olimpiade di Tokyo dalam waktu dekat segera dimulai. Tim-tim di Eropa juga sudah mulai agenda pramusim mereka untuk melakukan persiapan," jelasnya.