Liga Spanyol

Para Legenda Barcelona yang Jadi Saksi Debut Lionel Messi di Tim Utama

Minggu, 8 Agustus 2021 18:02 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Mengingat kembali momen debut Lionel Messi di LaLiga Spanyol tahun 2004 yang ditemani banyak pemain legendaris Barcelona sepanjang masa.

Bertahun-tahun sudah La Pulga mengabdi di klub yang membesarkan namanya, klub kesayangan yang memboyongnya dari Argentina saat masih bocah, dengan kontrak yang hanya ditulis di selembar serbet.

Keputusan Barcelona untuk merekrut Lionel Messi pada waktu itu mungkin salah satu peristiwa paling bersejarah yang bakal selalu dikenang oleh publik sepak bola.

Berkat klub ini pula, orang-orang bisa mengenal sosok pesepak bola hebat yang popularitasnya sampai menyentuh langit ketujuh. Kompetisi Liga Spanyol pun dibuat makin berkelas dan menarik dengan kehadirannya.

Lionel Messi pertama kali bergabung dengan Barcelona pada tahun 2001 silam dari klub masa kecilnya, Newell’s Old Boy. Musim 2003-2004 menandai kariernya yang meroket tajam di tim junior Blaugrana.

Momen debutnya di tim utama pun datang. Pada 16 November 2003 ia menjadi salah satu pemain yang dipanggil untuk berlaga di laga seremonial pembukaan stadion baru FC Porto, Estadio do Dragao.

Kemudian, pada 16 Oktober 2004 ia akhirnya melakoni debut di ajang LaLiga Spanyol, di mana saat itu skuat Barcelona diisi banyak sekali pemain bintang, yang kini menjelma sebagai legenda-legenda hebat dunia.

Lionel Messi, berusia 17 tahun dan menggunakan nomor punggung 30, duduk di bangku cadangan saat Barcelona melawan Espanyol malam itu. Sampai akhirnya, Frank Rijkaard memberi lampu hijau padanya untuk turun sebagai pengganti Deco.

Messi sendiri mengaku sangat berterima kasih kepada Frank Rijkaard atas kepercayaan pria asal Belanda itu menurunkannya di pertandingan.

"Saya tak akan pernah lupa bahwa dia (Rijkaard) yang membukakan karier saya. Dia memiliki kepercayaan terhadap saya ketika saya baru 16 atau 17 tahun," ujar Messi.

Kurang lebih tujuh bulan setelah laga debutnya tersebut, Messi akhirnya sukses mencetak gol perdana untuk Barcelona. Momen itu terjadi di laga LaLiga Spanyol, Mei 2005, ketika menghadapi Albacete.