Bola Internasional

Ketika Keberhasilan AC Milan di Piala Winners 1972-1973 Diwarnai Pengaturan Skor

Jumat, 20 Agustus 2021 12:19 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Leeds United
Pertandingan final Piala Winners antara AC Milan kontra Leeds United, 16 Mei 1973. Copyright: © Leeds United
Pertandingan final Piala Winners antara AC Milan kontra Leeds United, 16 Mei 1973.

INDOSPORT.COM – Mengenang skandal pengaturan skor yang mewarnai keberhasilan AC Milan di final Piala Winners 1972-1973 kala berjumpa Leeds United.

Peran wasit sangat penting dalam sepak bola. Keputusan-keputusan yang dimilki seorang pengadil haruslah benar-benar adil agar tak ada dugaan-dugaan buruk yang muncul pasca laga berakhir.

Meski demikian, tetap saja ada wasit yang berat sebelah sehingga muncul dugaan bahwa seorang pengadil mendukung sebuah tim untuk menang atau terlibat pengaturan skor.

Di sepak bola Eropa, wasit berat sebelah sering terjadi. salah satunya saat semifinal Liga Champions 2008/09 antara Chelsea vs Barcelona.

Wasit yang bertugas kala itu, Tom Henning Ovrebo menjadi bulan-bulanan pecinta sepak bola karena keputusan-keputusannya yang berat sebelah.

Bahkan karena keputusan-keputusannya tersebut, Ovrebo harus hidup di bawah ancaman banyak pihak selama bertahun-tahun.

Kasus Ovrebo ini menjadi salah satu skandal yang terjadi di sepak bola Eropa. Beberapa dekade silam, seorang wasit juga menjadi sorotan sepertinya kala memimpi laga final Piala Winners antara AC Milan melawan Leeds United.

Karena keputusan-keputusan wasit tersebut, AC Milan dicap terlibat dalam skandal pengaturan skor saat memenangkan Piala Winners 1972/73.

Lantas, bagaimana kisahnya hingga kesalahan wasit membuat AC Milan diduga terlibat pengaturan skor saat melawan Leeds United? Berikut rangkumannya.