Bola Internasional

Mengenal Piala Intertoto, Turnamen Eropa yang Dibuat untuk Pejudi

Jumat, 20 Agustus 2021 13:33 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Christof Koepsel/Bongarts/Getty Images
Medali Piala Intertoto yang didapatkan Schalke 04 pada 2004. Copyright: © Christof Koepsel/Bongarts/Getty Images
Medali Piala Intertoto yang didapatkan Schalke 04 pada 2004.

INDOSPORT.COM – Mengenal Piala Intertoto, salah satu kompetisi terlupakan UEFA yang di awal kelahirannya dibuat untuk mengakomodir para pejudi.

Dalam perkembangannya, benua Eropa memiliki hingga lima kompetisi antar klub yakni Liga Champions, Piala Winners, Piala UEFA, Piala Super UEFA, dan Piala Intertoto.

Kini, kompetisi Eropa hanya tersisa empat. Itu pun seiring hadirnya UEFA Conference League yang disebut-sebut menjadi cerminan Piala Intertoto.

Sejatinya, UEFA Conference League dan Piala Intertoto memiliki perbedaan jauh walau pada dasarnya sama karena hanya diikuti tim-tim kelas tiga.

Perbedaannya mungkin terletak pada gengsinya. Sebab, Piala Intertoto dianggap kurang bergengsi dibandingkan UEFA Conference League yang sebagian masih diikuti tim-tim papan atas.

Sekilas berbicara Piala Intertoto, mungkin sebagian pecinta sepak bola mulai lupa akan pernah hadirnya kompetisi ini. Pasalnya, ajang ini telah dibubarkan sejak 2008 silam.

Meski demikian, Piala Intertoto menjadi salah satu turnamen tertua di Eropa karena dimulai sejak 1961 silam atau bertahan selama empat dekade lebih.

Lantas, bagaimana kisah perjalanan Piala Intertoto di sepak bola Eropa dan mengapa ajang ini dianggap tak bergengsi sepanjang perjalanannya?