Bola Internasional

Deretan Klausul Kontrak Aneh di Sepak Bola: Ada yang Dilarang ke Luar Angkasa

Kamis, 26 Agustus 2021 18:05 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Getty Images
Ronaldinho hadir di acara FIFA The Best 2018. Copyright: © Getty Images
Ronaldinho hadir di acara FIFA The Best 2018.

INDOSPORT.COM – Sepak bola dewasa ini identik dengan kontrak. Tak jarang, dalam kontrak pemain terdapat klausul-klausul aneh di dalamnya.

Klausul kontrak menjadi salah satu hal penting bagi pemain saat membela klub olahraga. Di sepak bola, klausul kontrak sendiri identik dengan syarat dan ketentuan yang berlaku bagi pemain.

Kebanyakan, tim-tim LaLiga Spanyol mengadopsi penerapan klausul kontrak bagi pemain. Di negeri Matador tersebut, klausul kontrak berisikan soal nilai atau harga suatu pemain atau biasa disebut klausul rilis.

Klausul rilis ini dibuat saat pemain menandatangani kontrak bersama tim barunya. Sebagai contoh, ada kasus klausul rilis Antoine Griezmann yang sempat menggegerkan publik.

Saat mendatangkan Griezmann, Barcelona memasang klausul pelepasanya sebesar 800 juta euro dalam kontrak yang ia tanda tangani.

Klausul rilis itu menjadi pagar jika sewaktu-waktu ada klub yang menginginkan jasa Griezmann, maka klub tersebut harus menebusnya dengan mahar 800 juta euro.

Berbeda dengan klausul rilis, klausul kontrak biasanya berkaitan dengan perjanjian antara pemain dan klub itu sendiri. Umumnya, klausul kontrak berisikan syarat agar pemain mau bergabung dengan suatu klub atau syarat klub untuk si pemain.

Di dunia sepak bola, terdapat beberapa klausul kontrak yang sejatinya tak masuk akal dan malah terkesan aneh jika dipikir baik-baik.

Berikut sederet klausul kontrak aneh yang ada di dunia sepak bola.