In-depth

Mengupas Transfer Santiago Munoz, Memang Dibutuhkan Newcastle atau Jadi Alat Pemasaran Saja?

Selasa, 7 September 2021 16:13 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© American Post
Pemain baru Newcastle United, Santiago. Copyright: © American Post
Pemain baru Newcastle United, Santiago.

INDOSPORT.COM – Newcastle United belum lama ini mendatangkan pemain bernama Santiago Munoz. Transfernya sendiri menjadi perdebatan. Apakah ia dibutuhkan The Magpies, atau kepindahannya hanya jadi hiburan semata?

Perdebatan ini muncul seiring adanya kemiripan Santiago Munoz dengan nama tokoh fiksi film sepak bola berjudul GOAL! yakni Santiago Munez. Kebetulan, di film itu Munez membela Newcastle United yang jadi klub anyar Munoz musim ini.

Film berjudul GOAL! yang rilis pada tahun 2005 ini bercerita tentang seorang pemuda Meksiko yang bermimpi bisa bermain bola di kancah eropa. Santiago Munez adalah karakter utama film ini yang diperankan sangat baik oleh Eduardo Kuno Becker Paz.

 Film fiksi ini menunjukan Newcastle United sebagai klub Liga Inggris yang menjadi tambatan pertama Santiago Munez. Di film ini juga tampil legenda-legenda sepak bola seperti David Beckham, Alan Shearer, Steven Gerrard dll.

Kini di dunia nyata, Newcastle United merealisakan film fiksi tersebut. The Magpies resmi merekrut pemain dengan nama yang mirip dengan Santiago Munez, yakni Santiago Munoz yang juga berasal dari Meksiko.

Munoz sendiri merupakan pemain asal Kota El Paso yang berkarier untuk klub Santos Laguna dan sudah membela timnas usia muda Meksiko.

Dilansir dari Goal Internatioal, Newcastle United merekrut Munoz dengan status pinjaman selama 18 bulan dari Santo Laguna. Pemain berusia 19 tahun itu bisa beroperasi secara fleksibel di lini depan baik sebagai penyerang, di belakang striker, maupun sebagai penyerang sayap.

Kini pertanyaan pun mengemuka. Apakah Santiago Munoz datang karena dibutuhkan Newcastle United, atau hanya sekadar alat untuk pemasaran saja mengingat kesuksesan film tersebut?