Liga Inggris

Liga Inggris: Harumkan Benua Afrika, Kiper Chelsea Harusnya Masuk Nominasi Ballon d'Or

Rabu, 13 Oktober 2021 01:33 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Juni Adi
© Getty Images
Edouard Mendy. Copyright: © Getty Images
Edouard Mendy.

INDOSPORT.COM - Tidak adanya nama Edouard Mendy dalam daftar calon pemenang Ballon d'Or edisi 2021 dianggap sebagai kesalahan besar. Padahal penjaga gawang Chelsea asal Senegal tersebut juga tidak kalah berprestasi dari 30 pemain yang masuk nominasi.

Opini tersebut dilontarkan oleh defender Napoli sekaligus kapten tim nasional Senegal, Kalidou Koulibaly. Ia kecewa karena merasa Mendy memang pantas diakui sebagai salah satu stopper terbaik dunia saat ini.

Sejak pindah ke Chelsea dari Rennes pada musim panas 2020, nama Mendy memang langsung meroket. Bukan hal yang aneh mengingat dari 53 penampilan di semua ajang ia berhasil membuat 29 nirbobol.

Rasa aman yang diberikan penjaga gawang berusia 29 tahun tersebut membuat Chelsea lebih lepas dalam bermain. Hasilnya The Blues sukses menjuarai Liga Champions dan Piala Super Eropa pada tahun ini.

"Sangat disayangkan nama Edou tidak masuk dalam daftar. Padahal ia adalah kiper asal Afrika pertama yang bisa memenangi Liga Champions," papar Koulibaly yang juga gagal masuk nominasi Ballon d'Or edisi kali ini.

"Edou adalah pribadi yang sangat positif. Kami bicara soal keputusan Ballon d'Or untuk tidak memilihnya dan dia berkeinginan untuk jadi pemain yang lebih baik,"

"Di mataku, ia tidak kalah hebat dari pemain-pemain yang masuk. Kami pemain Afrika harus berusaha lebih keras agar publik bisa mengakui," tambah pemain bertahan terbaik Liga Italia musim 2018/2019 tersebut.