In-depth

Bodo/Glimt, Tim Kejutan dari Norwegia yang Hadirkan Kekalahan Terburuk Jose Mourinho

Jumat, 22 Oktober 2021 16:31 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Fabio Rossi/AS Roma via Getty Images
Bodo/Glimt membuat kejutan besar dengan menghajar AS Roma 6-1 di UEFA Conference League. Berikut profil tentang klub asal Norwegia tersebut. Copyright: © Fabio Rossi/AS Roma via Getty Images
Bodo/Glimt membuat kejutan besar dengan menghajar AS Roma 6-1 di UEFA Conference League. Berikut profil tentang klub asal Norwegia tersebut.

INDOSPORT.COMBodo/Glimt membuat kejutan besar dengan menghajar AS Roma 6-1 di UEFA Conference League. Berikut profil tentang klub asal Norwegia tersebut.

Kompetisi UEFA Conference League baru saja menuntaskan matchday ketiga fase grup. Hasil menarik terjadi di grup C, ketika Bodo/Glimt menjamu AS Roma.

Meski tampil di kandang lawan, Giallorossi diunggulkan meraih hasil apik di laga ini. Namun, pada akhirnya tim asuhan Jose Mourinho justru pulang dengan kekalahan memalukan 1-6.

Hasil ini sekaligus menjadi kekalahan terburuk Jose Mourinho, di mana untuk pertama kalinya tim asuhan pria Portugal itu kebobolan 6 kali dalam 1 laga.

Bodo/Glimt sendiri dibentuk pada tahun 1916. Bodo merupakan kota tempat mereka bermarkas, sedangkan Glimt adalah nama klub mereka yang berarti kilat, sesuai warna jersey utama yaitu kuning.

Meski tak terlalu dikenal di Eropa, Bodo/Glimt merupakan klub yang punya prestasi cukup baik di Norwegia. Pada tahun 2020 lalu, untuk pertama kalinya mereka berhasil menjadi juara Liga Norwegia.

Sementara itu di ajang Piala Norwegia, klub ini tercatat pernah 2 kali menjadi juara yakni pada tahun 1975 dan 1993.

Meski demikian, pada musim 2005 lalu mereka sempat terdegradasi di akhir musim, sebelum akhirnya kembali ke kasta tertinggi hanya 2 musim kemudian.

Di masa lalu, Bodo/Glimt juga pernah menjadi klub papan atas Norwegia Utara, dengan 9 kali menjadi juara liga Norwegia Utara, sebelum klub dari daerah utara diizinkan bermain di kasta tertinggi mulai tahun 1972.

Musim ini, Bodo/Glimt kembali berpeluang menjuarai kasta teratas Liga Norwegia alias Eliteserien. Pasalnya, mereka kini berada di posisi puncak klasemen dengan torehan 47 poin, unggul 3 poin dari Molde yang ada di peringkat kedua.

Tim yang bermarkas di Aspmyra Stadium ini menjadi tim dengan pertahanan terbaik (kebobolan 20 gol), dan menelan kekalahan paling sedikit (3 kali) musim ini.

Eliteserien musim 2021 sendiri sudah menjalani 22 pekan, yang berarti Bodo/Glimt hanya perlu mempertahankan takhta hingga 8 pekan ke depan, mengingat kompetisi itu hanya berjalan 30 pekan.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%