Liga Indonesia

Marak Protes Rencana Harga Tiket Liga 1 Kemahalan, Ini Penjelasan LIB

Sabtu, 30 Oktober 2021 10:35 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Isman Fadil
© Arif Rahman/INDOSPORT
Tommy Apriantono (kiri) menggandeng Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita (kanan) untuk pemilihan Ketua Umum dan Wakil Ketua Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jawa Barat untuk periode 2021-2025. (Arif) Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Tommy Apriantono (kiri) menggandeng Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita (kanan) untuk pemilihan Ketua Umum dan Wakil Ketua Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jawa Barat untuk periode 2021-2025. (Arif)

INDOSPORT.COM - Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita menjelaskan, mengapa harga tiket Liga 1 bisa dalam kisaran Rp250 ribu hingga 1 juta. Baginya harga tersebut sudah dalam melalui perhitungan matang-matang LIB.

Memang dengan perkiraan harga tiket sebesar itu hanya untuk menyaksikan pertandingan sepak bola Liga 1 bermunculan protes. Sebab harga tersebut dinilai terlalu mahal.

Namun Akhmad Hadian Lukita menilai, harga yang dibanderol sekitar Rp250 ribu sampai Rp1 juta justru wajar mengingat situasi dan kondisi pandemi saat ini. Sebab tentu LIB mempertimbangkan kenyamanan dan keamanan penonton ketika menyaksikan Liga 1 secara langsung.

"Jadi begini, kan yang ingin nonton sepak bola dengan nyaman pasti ada. Ini kami masih berpikir bagaimana menyediakan tempat yang ingin duduk dengan nyaman. Intinya bisa datang dengan istri dan anaknya," kata Akhmad Hadian Lukita.

Lukita menambahkan, bahwa perhitungan dri harga yang ditentukan tentu ada benerin yang didapatkan oleh penonton. Dimana mulai dari tes antigen hingga pelanggaran protokol kesehatan karena memang Liga 1 saat ini berlangsung dalam situasi pandemi Covid-19.

"Artinya dengan budget Rp 1 juta itu bisa dibilang seperti menguasai empat kursi. Jadi bisa kita sediakan kayak royal box, tapi kan tidak semua Rp 1 juta. Jadi bisa disebut ini khusus VIP," jelas Lukita.

"Kalau yang Rp250 ribu ada pembagiannya, bisa dibilang Rp100rb untuk tes antigen, lalu juga handsanitizer, masker, dan biaya aplikasi juga harus kita pikirkan," terangnya.

Untuk pembelian tiket, PT LIB nanti akan meluncurkan sebuah aplikasi yang juga bisa digunakan untuk mencari transportasi hingga penginapan sekaligus.

"Kapasitas (stadion) juga masih 25 persen, itu nutup biayanya segalanya dari mana. Jadi bicara presentase dan banyak hal, Rp 250 ribu itu sudah masuk akal," terang Akhmad Hadian Lukita.

"Tapi, kalau untuk transportasi itu beda lagi ceritanya. Itu hanya untuk tiket di stadion saja," tambah lelaki asal Jawa Barat tersebut.