In-depth

Igor Tudor, Mantan Bek Tangguh yang Berbalik Jadi Penghancur Juventus

Minggu, 31 Oktober 2021 16:55 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© football-italia
Pernah jadi bek tangguh di Juventus, Igor Tudor kini berbalik jadi penghancur usai membawa tim asuhannya, Hellas Verona, mengalahkan Bianconeri di Liga Italia. Copyright: © football-italia
Pernah jadi bek tangguh di Juventus, Igor Tudor kini berbalik jadi penghancur usai membawa tim asuhannya, Hellas Verona, mengalahkan Bianconeri di Liga Italia.

INDOSPORT.COM – Pernah jadi bek tangguh di Juventus, Igor Tudor kini berbalik jadi penghancur usai membawa tim asuhannya, Hellas Verona, mengalahkan Bianconeri di Liga Italia.

Kompetisi Liga Italia kini tengah memasuki pekan kesebelas. Duel menarik terjadi kala Juventus bertandang ke markas Verona, Sabtu (30/10/21) WIB.

Kejutan terjadi saat tim tamu yang lebih diunggulkan harus pulang dengan tangan hampa, setelah kalah 1-2. Dua gol Giovanni Simeone di babak pertama hanya bisa dibalas gol Weston McKennie di menit ke-80.

Hasil ini membawa Verona melesat ke peringkat 7 klasemen sementara dengan 15 poin, menyalip Juventus yang tertahan di posisi 8 dengan jumlah poin yang sama.

Di sisi lain, kekalahan ini meneruskan tren buruk Si Nyonya Tua yang kini gagal menang di 3 laga terakhir Liga Italia. Sebelumnya mereka imbang 0-0 dengan Inter Milan lalu dikalahkan Sassuolo 1-2.

Tak hanya itu, ini juga pertama kalinya Juventus kebobolan 15 gol setelah 11 laga di liga domestik, sejak musim 1961/1962 ketika mereka finis di posisi 12. Situasi ini mulai memunculkan desakan pemecatan pelatih Massimiliano Allegri.

Di sisi lain, selain Simeone, keberhasilan Verona mengalahkan Juventus juga memunculkan sorotan kepada pelatih Igor Tudor. Pria Kroasia ini sukses mengangkat performa tim asuhannya.

Kinerja Tudor bahkan mendapatkan pujian dari Allegri yang menyebut pria Kroasia itu berhasil membangun tim yang agresif.

Igor Tudor sejatinya baru memimpin Verona sejak pekan keempat, menggantikan Eusebio di Francesco yang gagal membawa tim tersebut meraih 1 kemenangan pun di 3 laga perdana.

Seperti disebut Allegri, di tangan Tudor, Hellas Verona memang menjadi tim yang agresif. Di laga perdananya, ia langsung membawa Verona mengalahkan AS Roma 3-2.

Secara total, dalam 8 laga Liga Italia di bawah kepemimpinan Tudor, Verona sukses meraih 4 kemenangan dan hanya 1 kali kalah. Tak hanya itu, Giovani Simeone dkk sukses mencetak 21 gol pada 8 laga itu, terbanyak dibandingkan tim-tim lain dalam periode yang sama.