Bola Internasional

Cristian Zaccardo, Juara Piala Dunia yang Bikin Repot AC Milan di Bursa Transfer

Minggu, 31 Oktober 2021 20:05 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© gettyimages
Cristian Zaccardo saat masih di AC Milan. Copyright: © gettyimages
Cristian Zaccardo saat masih di AC Milan.

INDOSPORT.COM - Mengingat kembali sosok Cristian Zaccardo, juara Piala Dunia yang sempat bikin repot AC Milan di bursa transfer.

Merupakan jebolan Timnas Italia U-16 dan U-21, pemain yang satu ini mentas ke level senior pada tahun 2004 usai diberi kesempatan debut oleh Marcelo Lippi di pertandingan persahabatan kontra Finlandia.

Ia pun tercatat sebagai bagian skuat Gli Azzurri yang bertanding di Piala Dunia 2006. Hanya saja, setitik noda sempat mengotori keseluruhan partisipasinya di turnamen empat tahunan tersebut.

Tepatnya, saat Italia bermain di pertandingan grup melawan Amerika Serikat (AS) pada 17Juni 2006. Azzurri yang telah unggul terlebih dulu lewat gol Alberto Gilardino harus rela skornya disamai gara-gara Zaccardo.

Sosok kelahiran 21 Desember 1981 ini malah mencetak gol bunuh diri tidak lama setelah timnya memimpin 1-0. Akibatnya, Italia harus rela pertandingan itu berakhir dengan skor imbang 1-1.

Namun beruntung, skuat asuhan Marcello Lippi berhasil melaju sampai partai puncak yang digelar di Berlin. Menghadapi Prancis, final Italia di Piala Dunia 2006 akan selalu dikenang sebagai laga kontroversial sepanjang masa.

Lupakan soal konflik Zinedine Zidane dan Marco Materazzi, singkat kata Zaccardo dkk pada akhirnya sukses tampil sebagai pemenang setelah melalui sesi adu penalti yang mendebarkan.

Meski tidak banyak berkontribusi termasuk turut menceploskan gol maupun tampil sebagai eksekutor penalti, Zaccardo tetap bagian Timnas Italia yang berjaya malam itu di Olympiastadion.

Koleksi medali dan gelar juara Piala Dunia pun melekat padanya sampai kapan pun itu. Zaccardo terakhir kali tampil di Timnas Italia pada 2007 dalam sebuah laga persahabatan kontra Afrika Selatan.