In-depth

3 Dosa Solskjaer yang Bikin Manchester United Takluk dari Manchester City

Minggu, 7 November 2021 13:30 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
© Catherine Ivill/Getty Images
Ole Gunnar Solskjaer tercatat melakukan tiga kesalahan saat Manchester United dikalahkan Manchester City di ajang Liga Inggris, Sabtu (06/11/21) malam WIB. Copyright: © Catherine Ivill/Getty Images
Ole Gunnar Solskjaer tercatat melakukan tiga kesalahan saat Manchester United dikalahkan Manchester City di ajang Liga Inggris, Sabtu (06/11/21) malam WIB.

INDOSPORT.COM – Ole Gunnar Solskjaer tercatat melakukan tiga kesalahan saat Manchester United dikalahkan Manchester City di ajang Liga Inggris, Sabtu (06/11/21) malam WIB.

Dalam pertandingan lanjutan pekan ke-11 kompetisi Liga Inggris, Manchester United yang bermain di Old Trafford harus menelan pil pahit karena kalah 0-2 dari Manchester City.

Dua gol pasukan Pep Guardiola ke gawang Setan Merah berhasil dicetak oleh bunuh diri dari Eric Bailly (7') dan Bernardo Silva (45').

Hasil negatif ini membuat Manchester United tertahan di posisi kelima klasemen Liga Inggris dengan koleksi 17 poin dari 11 pertandingan.

Sedangkan Manchester City tetap berada di urutan kedua, namun sukses memangkas jarak ketertinggalan dari sang pemucak klasemen sementara, Chelsea.

Kekalahan dari pasukan Ole Gunnar Solskjaer ini seperti mengulangi lagi masalah yang dihadapi Manchester United ketika mereka dipermalukan 5-0 melawan Liverpool di Old Trafford.

INDOSPORT melihat ada tiga kesalahan fatal yang dilakukan Solskjaer, dalam kekalahan di Derby Manchester tersebut.

1. Formasi 3-4-1-2 Tidak Efektif

Setelah dipermalukan pasukan Jurgen Klopp, Solskjaer kemudian mengubah formasi Setan Merah menjadi 3-4-1-2. Formasi ini menempatkan Aaron Wan-Bissaka  dan Luke Shaw sebagai bek sayap.

Namun, kurangnya serangan balik dari Bruno Fernandes dan Mason Greenwood membuat dua fullback asal Inggris tersebut tidak mendapat perlindungan apa pun.

Kyle Walker dan Joao Cancelo bermain dengan bebas tanpa penjagaan di Old Trafford. Fernandes bahkan tidak bisa bermain one on one menghdapi Cancelo. Alhasil, Cancelo mudah melepaskan umpan silang yang dengan kikuk dialihkan ke gawang Man United oleh Bailly.

Wan-Bissaka juga terlihat tak nyaman bermain di posisi bek sayap. Posisinya itu membuka peluang Gabriel Jesus memberi umpan kepada Phil Foden dan jalur menuju gawang De Gea.

Rotasi pemain dari pasukan Guardiola juga mengakibatkan pertahanan Man United kalang kabut. Luke Shaw dkk bahkan gagal mendapatkan bola.

Ketika Man United tertinggal dua gol di babak kedua, Solskjaer tiba-tiba merombak formasi menjadi 4-3-2-1. Kembali mengandalkan empat bek, sang pelatih memasukkan striker Jadon Sancho menggantikan Bailly.

Sayangnya, perubahan formasi ini tidak memperbaiki nasib mereka, karena City masih menguasai bola hingga menit akhir pertandingan.