In-depth

Lika-liku Kakha Kaladze, dari AC Milan hingga Duduk di Kursi Politik

Senin, 8 November 2021 22:13 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Melihat kembali perjalanan hidup Kakhaber Kaladze, mantan pemain AC Milan yang kemudian terjun ke dunia politik.

Sosok yang juga akrab disapa Kakha tersebut turut ambil bagian dalam skuat Rossoneri yang meraih trofi juara Liga Champions 2003.

Bersama para pemain hebat seperti Dida, Alessandro Costacurta, Paolo Maldini, Alessandro Nesta, Gennaro Gattuso dan yang lainnya, Kakha jadi saksi hidup keberhasilan AC Milan menekuk Juventus di Old Trafford.

Kedua tim yang bermain imbang 0-0 pada akhirnya harus menentukan pemenang dengan adu penalti yang tentunya sangat mendebarkan.

Dari kubu AC Milan, Kakha adalah salah satu eksekutor yang gagal melakukan tugas dengan sempurna. Selain dirinya, Clarence Seedorf juga gagal menceploskan bola ke gawang Bianconeri.

Namun untungnya, nasib AC Milan sedikit lebih baik dengan mencatatkan tiga eksekutor yang sukses dengan tendangannya yakni Serginho, Alessandro Nesta, dan Andriy Shevchenko.

Tiga bola masuk pun cukup untuk mengukuhkan mereka sebagai pemenang dengan skor penalti 3-2. Juventus sendiri hanya berhasil dengan dua penendangnya yakni Alessandro Birindelli dan Alessandro Del Piero.

Edisi 2003 adalah gelar Liga Champions keenam yang berhasil direngkuh AC Milan, sebelum kandas di tangan Liverpool pada Istanbul 2005 dan juara lagi di Athens 2007.

Popularitas dan talenta Kakhaber Kaladze memang tidak sebesar rekan-rekannya di AC Milan saat itu, yang namanya tetap mendunia bahkan setelah pensiun.

Akan tetapi, ia punya kisah paling menarik di antara kawan-kawannya tersebut usai memutuskan gantung sepatu, yakni sukses di dunia politik.

Hanya melihat dari biodatanya saja, orang-orang mungkin bisa menilai bahwa mantan pemain Genoa tersebut adalah sosok terpandang di dunia kariernya saat ini. Politik.