Liga Inggris

Thierry Henry Jadi Alasan Panasnya Rivalitas Manchester United-Arsenal Era 2000-an

Jumat, 12 November 2021 08:45 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Indra Citra Sena
© Getty Images
Arsene Wenger dan Thierry Henry saat masih bekerja sama di Arsenal. Copyright: © Getty Images
Arsene Wenger dan Thierry Henry saat masih bekerja sama di Arsenal.

INDOSPORT.COM - Sengitnya persaingan antara Manchester United dan Arsenal di Liga Inggris, terutama awal dekade 2000, rupanya semakin panas usai kedatangan Thierry Henry.

Striker legendaris asal Prancis tersebut membuat The Gunners punya kualitas skuat yang bisa menyaingi The Red Devils kala itu.

Hal ini diungkapkan sendiri oleh mantan manajer United, Sir Alex Ferguson. Karena Henry pula ia merasa jika relasi dan rivalitasnya dengan Arsene Wenger, eks bos Arsenal, juga menjadi toxic.

Terbukti persaingan tidak sehat tersebut melahirkan sejumlah momen ikonik dalam duel Manchester United vs Arsenal. Contohnya saja "Pizzagate" atau "Battle of Old Trafford".

Akan tetapi kini kedua pelatih legendaris sudah menanggalkan itu semua. Setelah lepas dari dunia adu taktik, Ferguson dan Wenger justru saling menghormati.

Sir Alex Ferguson bahkan menilai sang rival tetap hebat walau hanya tiga kali memenangi liga, atau 10 lebih sedikit darinya, karena ada musim tak terkalahkan di 2003/2004.

"Aku memenangi Liga Inggris 13 kali namun tidak satupun yang bersih dari kekalahan. Hal itu hanya bisa dilakukan oleh Arsene," papar Ferguson saat tampil dalam film dokumenter Wenger berjudul “Arsene Wenger: Invincible”.

"Hubungan kami sempat tidak sehat. Dalam balapan, anda akan selalu melihat ke spion untuk melihat siapa yang berada di belakang. Saat ada yang menyusul maka anda pun berusaha untuk lebih cepat," cetusnya.

"Perubahan besar terjadi saat Arsenal membeli Thierry Henry. Ia adalah pemain fantastis dengan banyak gol. Arsenal pun menjadi tim yang cukup baik untuk mendahului Manchester United," tambahnya lagi.