Bola Internasional

Napak Tilas Piala AFF 1996: Thailand Berjaya, Timnas Indonesia Ambruk di Semifinal

Selasa, 16 November 2021 17:39 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Grafis: Yuhariyanto/Indosport.com
Thailand Piala AFF 1996. Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/Indosport.com
Thailand Piala AFF 1996.

INDOSPORT.COM – Mengenang kembali perjalanan pertama Indonesia di Piala AFF 1996 atau edisi pertama yang terhenti di semifinal dan Thailand yang berhasil menjadi juara.

Piala AFF akan segera bergulir. Edisi 2020 kali ini akan menjadi edisi ke-13 dan akan digelar di Singapura sejak 5 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022.

Indonesia untuk ke-13 kalinya akan berpartisipasi di ajang bergengsi se Asia Tenggara ini. Dalam 12 edisi sebelumnya, skuat Garuda belum pernah meraih gelar juara.

Pencapaian terbaik Indonesia hanyalah menjadi Runner Up sebanyak 5 kali. Catatan ini terbilang miris mengingat negara lainnya seperti Thailand telah menjadi kampiun sebanyak 5 kali dan Singapura menjadi pemenang sebanyak 4 kali.

Perjalanan Indonesia pun tak selamanya mulus di ajang ini. Sebagai negara terbesar di Asia Tenggara, tim Merah Putih pernah harus terhenti di babak grup sebanyak empat kali.

Sisanya, langkah Timnas Indonesia banyak terhenti di babak semifinal, baik itu dengan merebut juara ketiga atau meraih peringkat keempat.

Langkah Indonesia terhenti di semifinal pun telah terjadi sejak edisi awal Piala AFF 1996 atau masih bernama Piala Tiger yang merupakan edisi pertama ajang ini.

Saat itu, Indonesia yang diperkuat nama-nama besar seperti Widodo C Putro, Fakhri Husaini, Kurniawan Dwi Yulianto, Robby Darwis, Eri Irianto, dan Peri Sandria tumbang di semifinal dari Malaysia dengan skor 1-3.

Kegagalan itu juga dibarengi dengan kegagalan merebut juara ketiga. Dalam perebutan juara ketiga, Indonesia takluk dari Vietnam dengan skor 2-3.

Kegagalan Indonesia di Piala AFF 1996 nyatanya menjadi tonggak sejarah bagi Thailand yang berhasil menjadi pemenang di edisi pertama ajang dua tahunan itu.