Liga Europa

Barcelona Terancam Tak Tampil di Liga Europa 2021-2022, Kok Bisa?

Sabtu, 11 Desember 2021 13:10 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© REUTERS/Andreas Gebert
Barcelona yang tersisih dari Liga Champions, bisa saja tak berpartisipasi di Liga Europa 2021-2022. Copyright: © REUTERS/Andreas Gebert
Barcelona yang tersisih dari Liga Champions, bisa saja tak berpartisipasi di Liga Europa 2021-2022.

INDOSPORT.COM – Barcelona harus turun kasta ke Liga Europa untuk musim ini. Namun, nyatanya Blaugrana bisa saja tak tampil di ajang kasta kedua itu.

Barcelona harus mengucapkan selamat tinggal untuk Liga Champions dan mengatakan selamat datang untuk Liga Europa pasca dihajar Bayern Munchen, Kamis (09/12/21).

Dalam laga terakhir grup E Liga Champions tersebut, Barcelona takluk dengan skor 0-3 dari Bayern Munchen lewat gol Thomas Muller, Leroy Sane dan Jamal Musiala.

Kekalahan Barcelona itu dibarengi dengan kemenangan Benfica atas Dynamo Kiev. Alhasil, Blaugrana yang ada di peringkat kedua, seketika tergusur ke tempat ketiga.

Terjerembab ke peringkat ketiga grup E membuat Barcelona pun lantas turun kasta dan harus bermain di Liga Europa untuk musim ini.

Turun kastanya Barcelona di Liga Europa pun menjadi aib tersendiri bagi pendukungnya. Pasalnya, ini kali pertama Blaugrana gagal lolos dari babak grup Liga Champions sejak musim 2000/01 atau 21 tahun silam.

21 tahun lalu, Barcelona juga finis di peringkat ketiga fase grup Liga Champions di belakang AC Milan dan Leeds United, sehingga harus turun ke Piala UEFA (Liga Europa).

Meski dipastikan turun kasta ke Liga Europa, Barcelona ternyata bisa saja tak tampil di ajang kelas dua tersebut untuk sisa musim ini.

Lantas, mengapa Barcelona yang dipastikan turun kasta malah berpotensi tak bisa tampil di Liga Europa 2021/22? Berikut ulasannya.