Bola Internasional

Jadi Venue Lawan Malaysia, Intip 5 Catatan Timnas Indonesia di Stadion Nasional

Minggu, 19 Desember 2021 10:40 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© PSSI
Selebrasi para pemain Timnas Indonesia usai cetak gol ke gawang Laos di Piala AFF 2020. Copyright: © PSSI
Selebrasi para pemain Timnas Indonesia usai cetak gol ke gawang Laos di Piala AFF 2020.

INDOSPORT.COM – Stadion Nasional Singapura akan menjadi venue laga perebutan tiket ke semifinal Piala AFF 2020 antara Indonesia vs Malaysia (19/12/21). Nyatanya, tim Merah Putih punya sederet pengalaman pahit kala bermain di stadion ini.

Untuk pertama kalinya di babak grup Piala AFF 2020, Indonesia bermain di Stadion Nasional Singapura. Adapun venue untuk grup A ini akan menjadi saksi laga hidup mati antara skuat Garuda dengan Malaysia.

Alasan laga Indonesia dan Malaysia digelar di Stadion Nasional Singapura tak lain karena Stadion Bishan akan digunakan untuk laga Vietnam vs Kamboja.

Pihak AFF memutuskan untuk menyelenggarakan kedua laga terakhir grup B ini secara bersamaan mengingat tiket ke semifinal masih akan diperebutkan tiga negara yakni Indonesia, Vietnam dan Malaysia.

Untuk menghindari isu Match Fixing, AFF pun memutuskan laga digelar secara bersamaan di dua tempat berbeda, di mana Indonesia vs Malaysia akan digelar di Stadion Nasional dan Vietnam vs Kamboja di Stadion Bishan.

Namun keputusan AFF ini nyatanya bisa menjadi sinyal bahaya bagi Indonesia sendiri yang punya rekam jejak tak mentereng kala bermain di Stadion Nasional.

Tercatat 5 kali sudah Indonesia bermain di Stadion Nasional di gelaran Piala AFF. Dalam 5 laga itu, tim Merah Putih mengantongi 1 kemenangan, 2 hasil imbang dan 2 kekalahan.

Parahnya lagi, kemenangan dan hasil imbang yang diraih itu banyak tak menguntungkan Indonesia sama sekali selama bermain di Stadion Nasional.

Berikut 5 laga yang jadi bukti bahwa Stadion Nasional tak ramah dengan Indonesia di Piala AFF.