Bola Internasional

'Messi Thailand' Kaget Timnas Indonesia Bisa Juarai Grup B Piala AFF 2020 dan Ungguli Vietnam

Selasa, 21 Desember 2021 17:06 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Isman Fadil
© PSSI
'Messi Thailand' Kaget Timnas Indonesia Bisa Juarai Grup B Piala AFF 2020 dan Ungguli Vietnam Copyright: © PSSI
'Messi Thailand' Kaget Timnas Indonesia Bisa Juarai Grup B Piala AFF 2020 dan Ungguli Vietnam

INDOSPORT.COM - Bintang Thailand, Chanathip Songkrasin, sejujurnya tidak percaya dengan sukses yang diraih Timnas Indonesia sejauh ini di Piala AFF 2020. Mengingat Tim Garuda tergabung dalam Grup B bersama favorit juara Vietnam, kelolosan ke empat besar sebagai juara grup termasuk mengejutkan.

Timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong memang masih jauh dari kata sempurna namun sejumlah perkembangan yang patut diapresiasi juga ada. Salah satunya adalah versatilitas Evan Dimas cs dalam bermain kolektif.

Kala menghadapi Vietnam yang unggul dalam segala hal, timnas Indonesia dengan sabar bermain di daerah pertahanan sendiri. Hasilnya satu poin berharga plus nirbobol dari hasil imbang 0-0 bisa diraih meski harus 'berdarah-darah'.

Untuk melawan Malaysia, timnas Indonesia mengaktifkan mode ofensif. Mental baja merah-putih juga dipamerkan dengan mampu memenangi pertandingan 4-1 walau harus tertingal lebih dulu karena blunder pemain sendiri.

Akhirnya status juara Grup B bisa dipastikan hanya dengan agresifitas gol. Di semi final nanti timnas Indonesia akan menjajal Singapura yang merupakan runner-up Grup A, sementara Vietnam harus melakoni 'final kepagian' melawan Thailand.

"Pada awalnya aku kira Thailand akan berhadapan dengan Indonesia di babak selanjutnya. Justru malah Vietnam yang menjadi lawan. Apakah kami cemas? Tentu saja tidak," ungkap Chanathip seperti yang dikutip dari Soha.

"Vietnam tim kuat yang belum kemasukan satupun gol tapi Thailand siap melawan siapa saja. Hanya saja persiapan ekstra dan fokus harus makin digenjot," tambah pemain 28 tahun berjuluk Messi Thailand itu.