Bola Internasional

Selain Ikhsan Fandi, 3 Pemain Top ASEAN Ini Merupakan Keturunan Indonesia

Sabtu, 25 Desember 2021 15:25 WIB
Editor: Subhan Wirawan
© Grafis: Yanto/Indosport.com
Selain Ikhsan Fandi, 3 Pemain Top ASEAN Ini Merupakan Keturunan Indonesia Copyright: © Grafis: Yanto/Indosport.com
Selain Ikhsan Fandi, 3 Pemain Top ASEAN Ini Merupakan Keturunan Indonesia

INDOSPORT.COM – Selain Ikhsan Fandi dari Timnas Singapura yang gemilang di Piala AFF 2020, ternyata tiga pemain top kawasan ASEAN ini merupakan keturunan Indonesia. Siapa sajakah mereka?

Nama Ikhsan Fandi sebelumnya jadi sorotan setelah mampu tampil impresif saat pertandingan leg pertama semifinal Piala AFF 2020 antara Singapura vs Timnas Indonesia di Stadion Nasional pada Rabu (22/12/21) kemarin.

Pasalnya, penyerang Timnas Singapura itu mampu menjadi pahlawan bagi sang tuan rumah.

Pada pertandingan leg pertama Piala AFF 2020 kemarin, dirinya mampu memanfaatkan umpan dari Faris Ramli dengan baik sehingga mampu menjebol gawang Timnas Indonesia yang dijaga oleh Nadeo.

Gol tunggalnya pun membuat Singapura terselamatkan dari kekalahan, karena berhasil menyamakan kedudukan setelah sebelumnya kebobolan terlebih dahulu lewat gol Witan Sulaeman menit ke-28’.

Hingga peluit panjang dibunyikan, pertandingan antara Singapura vs Timnas Indonesia pun berakhir imbang dengan skor 1-1 di leg pertama semifinal Piala AFF 2020.

Usai jadi pahlawan, sebuah fakta menarik dari Ikhsan Fandi terungkap dan mampu mengejutkan publik Tanah Air.

Dalam sebuah wawancaranya, disebutkan bahwa Ikhsan Fandi masih memiliki keturunan Indonesia yang berasal dari sang kakek.

Melansir dari Antara, kakek Ikhsan Fandi alias ayah dari Fandi Ahmad yakni Ahmad Wartam ternyata memiliki darah keturunan dari daerah Pacitan, Jawa Timur.

Fandi Ahmad pernah mengatakan bahwa ia sempat berkunjung ke Pacitan pada 2007, atau saat masih menjadi pemain bagi klub Niac Mitra.

Jika menelusuri lebih jauh, ternyata tak hanya Fandi Ahmad dan putranya yang memiliki darah keturunan Indonesia namun bersinar di negara lain khususnya di kawasan ASEAN.

Berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas, tiga pemain bintang ASEAN yang ternyata memiliki darah Indonesia:

Mahalli bin Jazuli (Timnas Malaysia)

© AP Photo/Vincent Thian
Pemain Malaysia, Mahalli Bin Jazuli. Copyright: AP Photo/Vincent ThianPemain Malaysia, Mahalli Bin Jazuli.

Pertama ada Mahalli bin Jazuli. Nama Mahalli dahulu pernah ramai diperbincangkan publik Indonesia pada periode 2012 silam.

Tepatnya saat sang pemain berhasil menjebol gawang Indonesia di pertandingan penyisihan Grup B Piala AFF 2012.

Kala itu, Timnas Indonesia menelan kekalahan dari Malaysia dengan skor 0-2. Satu gol lainnya dicetak oleh Azamuddin Akil. Indonesia pun gagal melangkah ke babak semifinal.

Mahalli sendiri sebenarnya memang lahir di Selayang, Selangor, Malaysia, namun ia memiliki darah asli Indonesia dari kedua orang tuanya.

Ayahnya yang bernama Jazuli dan ibunya Masyura merupakan orang asli Pulau Bawean, Gresik. Namun mereka berdua bekerja di Negeri Jiran.