Bola Internasional

Bawa Thailand Juara Piala AFF, Mano Polking Puji ‘Lionel Messi’ Jebolan J-League

Minggu, 2 Januari 2022 11:43 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© Changsuek_TH
Pelatih timnas Thailand, Alexandre Polking Copyright: © Changsuek_TH
Pelatih timnas Thailand, Alexandre Polking

INDOSPORT.COM – Pelatih Timnas Thailand, Alexandre ‘Mano’ Polking, mengatakan pentingnya pemain berkarier di luar negeri setelah mengantarkan Chanathip Songkrasin dkk  menjadi juara Piala AFF 2020.

Sebagaimana diketahui, Chanathip Songkrasin menjadi momok bagi tim-tim peserta Piala AFF 2020. Pemain berusia 28 tahun itu membukukkan empat gol dari enam laga di Piala AFF edisi kali ini. 

Chanathip memborong dua gol kala menyingkirkan Vietnam pada babak semifinal. Seakan haus gol, dia mengulangi hal yang sama ke gawang Indonesia pada leg pertama final, Rabu 29 Desember 2021 silam.

Pemain berjuluk ‘Messi Thailand’ yang bermain di klub J-League Hokkaido Consadole Sapporo akhirnya meraih penghargaan individu, yakni top skorer sekaligus Pemain Terbaik Piala AFF 2020.

Berbicara soal moncernya penampilan Chanathip di sepanjang turnamen Piala AFF, Mano Polking mengatakan bahwa Chanathip merupakan contoh produk pemain yang bermain di luar negeri.

Pelatih asal Brasil itu kemudian membandingkan Chanathip dengan pemain berjuluk ‘Messi’ lainnya yang bermain di liga Vietnam (V-League), Nguyen Quang Hai.

“Saya telah bekerja di Liga Thailand dan V-League, keduanya memiliki masalah yang sama dengan klub.” kata Polking dilansir dari Siamsport.

“(Saya) bukannya ingin membandingkan tetapi dibandingkan dengan Liga Thailand, V-League membutuhkan lebih banyak pengembangan.”

“Liga Thailand telah menghasilkan pemain hebat seperti Chanathip. Performa Chanathip hari ini adalah hasil dari bermain di J-League. Sementara Nguyen Guang Hai, dia adalah produk V-League, tapi tidak boleh ke luar negeri,” sambung Polking.