Liga Indonesia

Anies Baswedan Ingin Dongkrak Sepak Bola Jakarta, 3 Klub Belum Tersentuh Pak!

Rabu, 5 Januari 2022 12:20 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
© INDOSPORT
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan ingin mendukung sepak bola di ibukota. Sudah ada tiga klub yang resmi mendapat dukungan, namun tiga lainnya belum Copyright: © INDOSPORT
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan ingin mendukung sepak bola di ibukota. Sudah ada tiga klub yang resmi mendapat dukungan, namun tiga lainnya belum

INDOSPORT.COM – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyatakan ingin mendukung sepak bola di ibukota. Sejauh ini sudah ada tiga klub yang resmi mendapat dukungan, namun tiga lainnya masih terkatung-katung.

Anies Baswedan baru-baru ini mengunjungi sesi latihan Batavia FC yang akan tampil di Liga 3 Nasional di Pancoran Soccer Field (PSF), Pancoran, Jakarta Selatan, Senin (03/01/22).

Klub milik Widiade Gede itu memang tengah mempersiapkan diri di ajang Liga 3 zona nasional setelah berhasil menjadi juara di regional DKI Jakarta.

Selain untuk menjaga silahturahmi dengan menyaksikan sesi latihan, Anies ingin memompa semangat para pemain Batavia FC guna berhasil meraih target lolos ke Liga 2 musim depan.

Kunjungan Anies ke markas Batavia FC ini sejatinya menjadi salah satu bentuk dukungan Anies terhadap sepak bola di ibukota. Komitmen ini disampaikan kembali oleh Anies dalam sesi kunjungan kemarin.

“Kita tahu Batavia FC telah menjadi juara di Liga 3. Dan kita doakan bisa naik ke tingkat selanjutnya. Dan kita doakan bisa naik ke tingkat selanjutnya,” ujar Anies Baswedan dalam pidatonya.

“Ini adalah ikhtiar dari kita semua, bahwa Jakarta bisa menjadi rumah bagi banyak kesebelasan dan mereka semua akan hadir membawa nama baik kita semua. Kami ingin mendukung semua aktivitas olahraga cabang apapun termasuk sepak bola,” tandasnya.

Sebelum Batavia FC, Anies Baswedan diketahui sudah menyambangi klub-klub sepak bola yang berbasis di ibukota sebagai bentuk komitmennya tersebut.

Salah satunya, Anies kerap mengunjungi Persija Jakarta yang paling populer sekaligus bernaung di kasta tertinggi Liga 1.

Anies Baswedan bahkan merealisasikan pembangunan markas baru Macan Kemayotan, Stadion Jakarta Internasional yang rencananya akan melakukan soft launching pada Februari 2022.

Selain itu, pria kelahiran Kuningan tersebut juga pernah menunjungi Persitara pada 29 Desember 2021 yang bertepatan dengan hari ulang tahun klub yang berbasis di Jakarta Utara tersebut.

Sebagai bentuk dukungan kepada Persitara, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu pun berjanji akan segera merevitalisasi Stadion Tugu. 

Menurut pantauan INDOSPORT, Anies memang memperlihatkan perhatian lebih kepada sepak bola DKI Jakarta, namun barangkali dia luput memperhatikan tiga klub lain yang juga beroperasi di ibukota.

Ketiga klub ini bisa dibilang secara historis berkaitan erat dengan Persija, yakni PSJS Jaksel, Persija Barat, dan Union Makes Strength (UMS). Klub-klub kecil tersebut bahkan sampai sekarang terkesan masih ‘dianaktirikan’ oleh pemerintah Jakarta.