Liga Indonesia

Flashback, Ketika Eks Naturalisasi Persib bikin Gawang PSM Porak-poranda

Rabu, 2 Februari 2022 09:28 WIB
Penulis: Henrikus Ezra Rahardi | Editor: Juni Adi
© infosepakbolamania
Hilton Moreira dan Sergio van Dijk Saat Berseragam Persib Bandung Copyright: © infosepakbolamania
Hilton Moreira dan Sergio van Dijk Saat Berseragam Persib Bandung

INDOSPORT.COM – Sejarah terjadi manakala pemain naturalisasi Indonesia, Sergio van Dijk membobol gawang PSM Makassar pada 2 Juli 2016 di ajang Liga Indonesia.

Laga lanjutan Liga 1 akan mempertemukan tim papan tengah, PSM Makassar dengan penghuni tiga besar, Persib Bandung, pada Rabu (02/02/2021).

Laga ini seolah menjadi penting bagi kedua tim, mengingat adanya tujuan berbeda.

Persib tentu memerlukan kemenangan untuk terus menempel pemuncak klasemen sementara, Bhayangkara FC, yang kini meraup poin 46 dari 22 pertandingan.

Posisi ini rawan tersusul oleh Arema yang berada di peringkat kedua dengan jarak hanya satu poin.

Jika mampu meraih kemenangan atas PSM Makassar esok hari, maka Persib Bandung bisa saja menyamai raihan poin dari Bhayangkara FC.

Namun demikian, sebagai tim yang sama-sama malang melintang dalam sejarah sepakbola Indonesia, baik Persib dan PSM memiliki catatan sejarah.

Salah satunya terjadi pada 2 Juli 2016 dalam laga Indonesian Soccer Championship (ISC) yang kala itu dihelat di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, yang berlokasi di kota Bandung.

Melansir dari situs resmi Persib Bandung (Persib.co.id), kala itu ada satu gol yang disarangkan oleh pemain naturalisasi milik Indonesia, yaitu Sergio van Dijk.

Pemain yang sempat merumput di klub Australia, Adelaide United ini membuka keunggulan Maung Bandung pada menit ke-33.

Uniknya, gol ini merupakan yang pertama bagi pemain naturalisasi yang membela Persib Bandung ke gawang PSM Makassar.

Laga ini berjalan cukup ketat, usai PSM kemudian mampu membalas melalui gelandang bertahan, Ardan Aras, yang mampu mengemas gol pada menit ke-43.

Tak mau kalah, Persib Bandung mampu kembali unggul melalui playmaker asal Argentina, Robertino Pugliara jelang bubaram babak pertama, atau tepatnya pada menit ke-45.

Laga ini kemudian berjalan lebih menarik, ketika eks pemain Timnas U-19 Indonesia, Muchlis Hadi Ning mampu menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

Persib kemudian keluar sebagai pemenang, menyusul gol yang dikemas Purwaka Yudhi pada menit 87 dan membuat laga berakhir 3-2.

Sergio van Dijk sendiri mampu mengemas total 12 gol dari 26 pertandingan di ISC 2016.

Saat ini, eks pemain yang juga sempat membela klub Thailand, Suphanburi FC ini telah pensiun dan menjajal peruntungan sebagai agen pemain.