Bola Internasional

Hadapi Piala AFF U-23, Timnas Kamboja Masih Harapkan Tuah Beckham Asia

Jumat, 4 Februari 2022 07:09 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Prio Hari Kristanto
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Keisuke Honda resmi ditunjuk sebagai pelatih kepala Kamboja di Piala AFF U-23 bersama Ryu Hirose. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Keisuke Honda resmi ditunjuk sebagai pelatih kepala Kamboja di Piala AFF U-23 bersama Ryu Hirose.

INDOSPORT.COM - Jelang pembukaan Piala AFF U-23 yang digelar di negara mereka sendiri pada 14 hingga 26 Februari mendatang, tim nasional Kamboja memastikan jika Keisuke Honda adalah pelatih mereka. Pria asal Jepang berusia 35 tahun itu sebelumnya bertugas menjadi nakhoda Kamboja senior sejak 2018 silam.

Pengumuman tersebut diunggah oleh federasi Kamboja (FFC) lewat akun Facebook resmi mereka pada Rabu (03/02/22) ini. Hanya saja seperti di Piala AFF 2020 lalu, posisi ini harus dibagi Honda dengan kompatriotnya yang lebih senior yakni Ryu Hirose.

Adanya dua pelatih kepala di suatu tim memang bukan hal yang umum namun FFC menilai ini adalah keputusan yang baik. Hirose sendiri yang baru menjadi bagian dari Kamboja per Maret 2021 lalu pernah mengaku jika keberadaannya berguna untuk menyokong kinerja Honda.

Dilansir dari Vocket FC, Honda dan Hirose sudah melakukan seleksi besar untuk menentukan skuat U-23 Kamboja melibatkan 74 pemain dari klub profesional maupun semi-pro. Nantinya akan dpilih 28 pemain untuk dimasukkan dalam skuat final.

Memasuki tahun keempatnya menukangi Kamboja, Honda jelas diharapkan untuk mulai bisa menunjukkan magisnya. Hanya saja eks playmaker AC Milan, CSKA Moscow, dan VVV-Venlo tersebut belum bisa memberikan banyak sukses hingga kini.

Pria 35 tahun yang semasa aktif merumput sering dijuluki sebagai David Beckham dari Asia berkat kemampuan mengeksekusi tendangan bebas itu paling banter baru bisa mengantar Kamboja ke putaran ketiga kualifikasi Piala Asia 2023.

Hanya saja kelolosan ke putaran final masih sangat jauh dari jangkauan. Kamboja ada di pot keempat bersama Singapura sebelum pengundian grup dimulai.