Bursa Transfer

Terkuak! Ini Alasan Donny Van de Beek Membelot ke Everton

Jumat, 4 Februari 2022 14:02 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
© Instagram@everton
Donny van de Beek sempat dianaktirikan Ralf Rangnick di Manchester United dan akhirnya membelot ke Everton. Foto: Instagram@everton Copyright: © Instagram@everton
Donny van de Beek sempat dianaktirikan Ralf Rangnick di Manchester United dan akhirnya membelot ke Everton. Foto: Instagram@everton

INDOSPORT.COM – Ralf Rangnick mengungkapkan alasan jarang memainkan Donny van de Beek di skuat utama Manchester United, yang mana ini berujung sang pemain membelot ke Everton.

Donny van de Beek mengakhiri 17 bulan penderitaannya di Manchester United dengan menyepakati kontrak pinjaman ke Everton selama enam bulan.

Gelandang tengah asal Belanda tersebut diketahui baru memulai 19 kali selama waktunya di Old Trafford. Mirisnya, dia baru sekali memulai di bawah manajemen Ralf Rangnick.

Rangnick menjelaskan bahwa Van de Beek sejatinya memiliki potensi yang bagus di Liga Inggris. Namun, persaingan yang ketat di lini tengah membuatnya lebih banyak menghuni bangku cadangan.

“Pada akhirnya, ini masalah persaingan,” ujar Rangnick dilansir dari Manchester Evening News.

“Seperti Paul Pogba, saya melihatnya di lini tengah sebagai salah satu dari 6 atau 8 posisi dan kami memiliki beberapa pemain bagus lainnya di posisi itu, oleh karena itu dia tidak mendapatkan banyak waktu bermain tetapi itu tidak berarti dia tidak cukup bagus untuk Liga Inggris atau Manchester United,” jelas Rangnick.

Van de Beek sendiri sejatinya merupakan pemain rekrutan pertama Manchester pada bursa transfer musim paas 2020.

Namun, dirinya belum mendapatkan kesempatan sebagai starter di Liga Inggris sejak Mei dan masuk line up Manchester United empat kali sejauh musim ini.

Sementara itu, satu-satunya momen starting Van de Beek dalam 10 pertandingan di bawah Rangnick adalah saat di fase grup Liga Champions melawan Young Boys.

Di posisi yang sama dengan Van de Beek, Rangnick lebih sering memainkan Scott McTominay. Fred juga mendapat tempatnya di bawah Rangnick, termasuk saat mencetak gol kemenangan atas Crystal Palace dan mencetak gol melawan Aston Villa di Piala FA dan Brentford di Liga Inggris.

Selain itu ada Nemanja Matic yang telah memulai empat kali dan kembalinya Paul Pogba dari cedera panjang membuat Van de Beek punya harapan untuk menembus skuat utama.